Ribuan Demonstran Peringati Hari Buruh, Tuntut UU Cipta Kerja

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ribuan demonstran dari Konfederasi Serikat Nusantara (KSN) berunjuk rasa memperingati Hari Buruh Nasional di bawah fly overJalan Andi Pangeran Petterani Kota Makassar, Senin (1/5/2023).

Para demonstran ini menutup dua ruas jalan menggunakan mobil truk yang dijadikan sebagai mobil komando dan panggung orasi.

Tak hanya itu, massa aksi juga membentangkan spanduk berukuran 10x2 meter di jembatan fly over yang bertuliskan "May Day 2023 selamatkan Indonesia dari cengkraman oligarki ekonomi politik kapatalisme".

Terpampang pula papan berukuranbesar 50x50 meter bertuliskan "Tetapkan upah minimum nasional, kembalikan fungsi terminal daya dan cabut Undangan-Undang Cipta Kerja".

Sebelum berunjuk rasa demonstran menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengibarkan sejumlah bendera organisasi. 

Mukhtar Fyburu Presiden KSN mengatakan salah satu tuntutan massa dalam aksi ini adalah mendesak pemerintah pusat mencabut Undang-Undan nomor 6 tahun 2023 tentang cipta kerja. 

Tuntutan lainnya mendesak Gubernur Sulawesi Selatan lebih berpihak pada kepentingan pekerja karena banyak persoalan perburuan di Sulawesi Selatan yang belum bisa diselesaikan dengan baik.

"Misalnya pengawasan dimana banyak perusahaan yang tidak menjalankan upah minimum tapi kemudian tidak ditindak dengan tegas begitupun juga banyaknya perusahaan yang melakukan PHK," ucapnya.

Aksi ini mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian.

Laporan: Rusmawandi Rara