Dinsos Makassar Siapkan Langkah Khusus Tangani Gepeng Jelang Ramadan

Ilustrasi / foto: int

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Jelang Ramadan, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA), menginstruksikan agar Kota makassar bebas dari aktivitas gelandangan dan pengemis alias gepeng serta anak jalanan (anjal). NA meminta Makassar harus bebas dari aktivitas gepeng mulai April ini.

 

Terkait hal tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Iskandar Lewa, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan langkah khusus untuk penanganan gepeng dan anjal. Seperti pemetaan lokasi razia dan pembentukan tim terpadu.

 

Makassar memang menjadi andalan bagi para kaum urban untuk meraup belas kasih saat Ramadan, karena posisinya sebagai pusat perekonomian di Sulawesi Selatan. Sebaran wilayah yang paling banyak gepeng dan anjal beroperasi berada di sekitar Jalan Veteran, Jalan Masjid Raya, Anjungan Pantai Losari, dan Pintu 1 Unhas,” kata Iskandar Lewa.

 

“Kami akan fokuskan penanganan gepeng di empat lokasi itu,” ucapnya.

 

Iskandar menambahkan, sejakJjanuari hingga Maret 2019, pihaknya telah mengamankan 61 orang gepeng dan anjal. Mereka yang terjaring razia diberikan pembinaan dan pendampingan.

 

Sementara gepeng yang berasal dari luar Makassar dikembalikan ke daerah asalnya.