Pemantauan Hilal 1 Ramadan 1445 H Sore Ini, Sulsel Gelar di 2 Titik

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pemantauan hilal penentuan awal Ramadan 2024 di gelar Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel) di Rooftop Mall GTC, Jl Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar, Ahad (10/3/2024) sore ini.

Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Dr H Ali Yafid mengungkapkan di Sulawesi Selatan ada 2 lokasi yang menjadi lokasi untuk melakukan pemantauan hilal, yaitu di Makassar dan Kepulauan Selayar.

Saat ini berbagai persiapan dilakukan untuk melakukan pemantauan, meskipun tampak di daerah Makassar dan sekitarnya dalam kondisi mendung atau berawan, turut terlibat dari BMKG Gowa dan sejumlah ormas lainnya.

Dari hasil beberapa pantauan, kata H Ali Yafid, saat ini di wilayah Sulawesi Selatan sendiri tinggi bulan baru berada di angka 0,2 Derajat per-pukul 17.00 WITA. 

Pemantauan hilal di Wilayah Sulawesi Selatan, akan digelar pada pukul 18.17 WITA - 18.20 WITA 

" Kalau saya lihat tadi dari berbagai referensi khusus di wilayah Sulawesi Selatan sendiri ketinggian bulan baru berada di angka 0,2 Derajat saja, " Jelas Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Dr H Ali Yafid.

Dalam menentukan 1 Ramadan kata H Ali Yafid minimal ketinggian bulan berada di angka 3 derajat. 

Kemungkinan yang akan terjadi bisa saja penentuan awal ramadan pada tahun ini akan mengalami perbedaan antara Muhammadiyah dan Pemerintah.

Namun kata H Ali Yafid, semua akan ditentukan saat sidang isbat yang akan digelar pada malam hari ini.

Laporan : Riski