Idul Fitri 1445 H, Ribuan Jamaah Padati Lapangan Karebosi

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ribuan jamaah memadati Lapangan Karebosi, untuk melaksanakan shalat Idul Fitri 1445 Hijiriah, Rabu (10/04/2024).

Kondisi lapangan yang basah akibat hujan yang mengguyur Selasa (9/4) malam, tak menyurutkan niat mereka untun Salat Idul Fitri di Lapangan Kerebosi.

Pantauan tim CELEBESMEDIA.ID di Lapangan Karebosi, tepatnya di Jalan Jendral Sudirman, Makassar, sekitar pukul 06.00 Wita, sejumlah warga mulai berdatangan ke lapangan..

Warga datang dengan berjalan kaki hingga menggunakan kendaraan.

Terlihat aparat kepolisian dan Satpol PP menjaga di lokasi. Petugas mengatur arus lalu lintas sekaligus mengarahkan warga yang ingin melangsungkan salat berjamaah mencari lokasi parkir.

Terpantau juga Jalan Kartini ditutup untuk memberikan ruang kepada warga yang menggunakan kendaraan bermotor maupun mobil sebagai lahan parkir sementara waktu. Aktivitas lalu lintas di sekitaran lapangan Karebosi tetap lancar.

Salat Idul Fitri di Lapangan Karebosi dimulai pukul 07.00 Wita. Bertindak sebagai imam atau yang memimpin Salat Idul Fitri ialah Ustadz Arafah Mansur dan Ketua PCNU Makassar DR KH Kaswad Kartono bertindak sebagai khatib Salat Idul Fitri.

Jamaah tampak mengalasi sajadahnya dengan menggunakan tumpukan lembaran koran.

Sebelumnya diberitakan, dengan ditetapkannya 1 Syawal 1445 Hijriah pada Rabu (10/4), Pemerintah dan Muhammadiyah tahun ini kompak merayakan hari raya idul fitri secara bersamaan.

Muhammadiyah pun sudah menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada Rabu 10 April 2024 lebih awal. Hal ini berarti pelaksanaan Salat Idul Fitri tahun ini bersamaan antara Pemerintah dan Muhammadiyah.

Laporan: Riski