Cara Cek Tiket dan Jadwal Vaksinasi Booster Gratis

Ilustrasi vaksin booster Covid-19 - (foto by: pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Vaksinasi booster mulai dilaksanakan pada seluruh wilayah di Indonesia sejak Rabu (12/1/2022). 

Dilansir dari laman resmi Kemenkes, vaksin booster diberikan secara gratis dan diprioritaskan untuk kelompok lansia dan kelompok rentan dengan penyakit penyerta atau penderita imunokompromais.

Jenis Vaksin yang Digunakan

Jenis vaksin yang digunakan antara lain, untuk sasaran dengan dosis primer Sinovac maka diberikan vaksin AstraZeneca, separuh dosis (0,25 ml), atau vaksin Pfizer, separuh dosis (0,15 ml).

Untuk sasaran dengan dosis primer AstraZeneca maka diberikan vaksin Moderna separuh dosis (0,25 ml), atau vaksin Pfizer, separuh dosis(0,15 ml)

Syarat Penerima Vaksinasi Booster

Syarat penerima vaksinasi booster ini yakni berusia 18 tahun ke atas dan terhitung enam bulan setelah menerima vaksin dosis lengkap.

Bagi calon penerima vaksin cukup menunjukkan NIK dengan membawa KTP/KK. Bisa juga mendaftar melalui aplikasi Peduli Lindungi.

Cara Cek Tiket dan Jadwal Vaksinasi Booster Gratis

Masyarakat bisa mengecek jadwal vaksinasi booster gratis melalui website. Bisa juga melalui aplikasi PeduliLindungi.

Untuk mengecek melalui website, masyarakat bisa membuka situs https://www.pedulilindungi.id/ kemudian masukkan nama lengkap dan NIK > klik periksa.

Sementara itu, cara cek di aplikasi cukup mudah.

  • Buka aplikasi PeduliLindungi
  • Klik menu "Akun" di pojok kiri atas layar, tepat di sebelah nama Anda
  • Pilih "Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19"
  • Setelah itu, status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di layar.
  • Anda bisa mengecek tiket vaksin dengan membuka menu "Riwayat dan Tiket Vaksin"
  • Jika Anda belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksin, dapat langsung mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) seperti puskesmas, rumah sakit pemerintah, RSUD, atau pos pelayanan vaksinasi.