Pemkab Selayar - Kejari Jalin Kerjasama Penanganan Hukum

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat menandatangani Perjanjian Kesepakatan Bersama atau Memorandum of Understanding (MoU).

MoU tersebut tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata Dan Tata Usaha Negara di wilayah hukum Kabupaten Kepulauan Selayar.

Nota kesepakatan bersama tersebut ditandatangani langsung oleh Bupati H. Muh. Basli Ali dan Kajari Selayar, Hendra Syarbaini, S.H., M.H., di Sunari Beach And Resto, Bontosikuyu - Selayar pada Senin (14/8/2023).

Bupati Basli Ali mengatakan penandatanganan MoU dilakukan tak lain untuk mendorong tegaknya supremasi hukum yang berkeadilan.

"Dengan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama ini, diharapkan permasalahan hukum Perdata dan Tata Usaha Negara yang terjadi di lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, bisa lebih cepat diatasi dan tepat sasaran," ucap Bupati dalam sambutannya.

Lanjut dikatakan, Pemkab Selayar dan Kejari Selayar akan terus meningkatkan koordinasi dan sinergi demi terwujudnya kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Bumi Tanadoang.

Kepada para perangkat daerah, Basli Ali mengingatkan dan mengimbau agar segera menindaklanjuti MoU ini dengan melakukan konsultasi sebelum dan saat pelaksanaan kegiatan, sehingga berjalan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebelumnya diawal acara Kajari Selayar Hendra Syarbaini menjelaskan, Penandatanganan MoU ini sebagai wujud dari pelaksanaan dari kewenangan di bidang-bidang yang ada pada kejaksaan yang meliputi, bantuan hukum, pertimbangan hukum, pelayanan hukum dan tindakan hukum lainnya.

"MoU ini diharapkan dapat mengurangi permasalahan hukum yang muncul serta dapat mengurangi kerugian negara yang ditimbulkan. Sehingga ada jaminan hukum bagi penyelenggara pemerintahan dalam menjalankan tugas," tukasnya.

Rangkaian acara ini juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD, Mappatunru, Kapolres AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra, mewakili Dandim 1415,  Jajaran Pejabat Lingkup Pemkab Selayar dan Para Pengacara Negara Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar.