Terpukau Keindahan Gugusan Karst, Sandiaga Uno Andalkan Rammang-rammang Dapat Status UNESCO Global Geopark

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman - (handover)

CELEBESMEDIA.ID, MarosRammang-rammang merupakan salah satu destinasi wisata unik yang dimiliki Sulawesi Selatan. Karena keunikannya Rammang-rammang masuk sebagai kandidat Global Geopark Indonesia. Berada di Dusun Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, destinasi wisata sejarah ini kerap menjadi primadona bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia.Tempat wisata Rammang-rammang merupakan kawasan gugusan pegunungan kapur nan eksotik yang sangat luas diperindah dengan adanya sungai dan area sawah di sekitarnya.

Berjarak hanya 40 kilometer dari Makassar, Rammang-Rammang yang merupakan gugusan karts dengan luas yang terbentang diantara 2 kabupaten Maros dan Pangkep. Kawasan wisata ini sangat mudah diakses. Rammang-rammang diketahui memang terbentuk sejak lama yakni sekitar 30 juta tahun yang lalu namun kawasan ini mulai dibuka sebagai kawasan perlancongan pada tahun 2015. 

Tak heran jika Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno yang melakukan kunjungan kerja ke Rammang-rammang pada Kamis (17/06/2021) mengaku terkesan dengan keindahan alam di Rammang-rammang. 

"Desa wisata ini menjadi andalan kita, jadi unggulan kita dan kampung karst Rammang-rammang akan segera didaftarkan menjadi UNESCO Global Geopark, mohon dukungannya semua," tutur Sandiaga Uno. 

Kedatangan Menparekraf, Sandiaga Uno bersama Influnecer Atta Halilintar dan Thariq Halilintar ke daerah wisata pegunungan karst ini terkait masuknya Rammang-rammang dalam proses assessment UNESCO untuk menjadi Global Geopark, dan juga terkait dengan program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Terpilihnya Rammang-rammang masuk dalam Global Geopark karena keunikannya. Berdasarkan situs resmi UNESCO Global Geoparks (UGG) diketahui jika wilayah yang terpilih merupakan area geografis terpadu di mana situs dan lanskap geologi internasional dikelola dengan konsep perlindungan holistik yang kedepannya dapat menjadi ikon baru pemanfaatan Geoheritage berbasis pembangunan berkelanjutan.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman yang mendampingi  Menparekraf RI, Sandiaga Uno, mengharapkan agar dalam satu kali assessment, Rammang-rammang bisa langsung lulus dan ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark untuk Rammang-rammang ini. 

"Kedepan tentu kami harap bisa bersinergi. Dengan bersinergi, Insya Allah ini (Rammang-rammang) bisa kita kembangkan, menggaungkan dunia, ini adalah salah satu aset dunia, dua karst terbaik dunia setelah yang ada di Cina," ucapnya.