Gempa Garut M6,5: Empat Warga Luka, 27 Rumah Rusak

Gempa magnitudo 6,5 guncang Garut, Sabtu (27/4) malam - (foto by infoBMKG)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa bumi tektonik dengan magnitudo 6.5 di Samudera Hindia Selatan Jawa Barat atau yang berlokasi di Kabupaten Garut, Jawa Barat pukul 23:29 WIB, Sabtu (27/4) malam. Gempa tidak berpotensi tsunami.

"Kedalaman gempa 82 kilometer. Gempa jenis ini merupakan gempa intraslab dan bukan merupakan gempa megathrust. Karakteristik gempa ini akan lebih miskin gempa susulan. Walau demikian warga diminta tetap waspada gempa susulan," tulis BMKG dalam akun resminya.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tercatat ada 10 wilayah yang terdampak gempat tersebut yakni  Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Sumedang.

Data BNPB hingga Minggu (28/4) pagi tercatat sebanyak 27 Kepala Keluarga (KK) terdampak dari gempa ini.

"Di Kabupaten Garut dengan rincian 3 orang mengalami luka-luka dan 4 KK terdampak. Sementara di Kabupaten Tasikmalaya 1 orang mengalami luka-luka dan 8 KK terdampak serta di Kota Tasikmalaya 5 KK terdampak," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dikutip dari siaran persnya, Minggu (28/4/2024).

Selain korban luka tercatat 27 rumah rusak. Empat unit rumah diantaranya mengalami yang rusak berat (RB), 11 unit rumah rusak ringan (RS), 5 unit rumah rusak ringan (RR), serta 7 unit rumah terdampak.