Khidmat, Warga Paccinongang Salat Idul Adha di Masjid Hijratul Ummah

CELEBESMEDIA.ID, Gowa - Ratusan warga Paccinongan  melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah dengan khidmat di Masjid Hijratul Ummah Kecamatan Somba Opu, Gowa, Kamis (29/6/2023).

Mereka memadati bagian dalam  hingga ke halaman masjid. Jemaah yang salatndi area luar masjid harus melapisi sejadah mereka dengan terpal.

Warga mulai ramai datang sejak pukul 06:00 Wita. Salat Idul Adha dimulai pukul 06.50 Wita. 

Pantauan CELEBESMEDIA.ID, pelaksanaan salat Idul Adha di masjid itu berlangsung khidmat. Jemaah khusyuk melaksanakan gerakan salat mengikuti imam. 

Pelaksanaan salat Idul Adha di masjid itu, diimami Wahyu Ilahi dan Khatib Muhammadiyah Asryadi yang membawakan khutbah "Membangun Kecerdasan Emosi dan Spritual".

Salah satu pengurus masjid, Abdul Rahman Rara menjelaskan perayaan Idul Adha tahun ini sangat meriah. Warga Paccinongan antusias hingga harus salat di halaman masjid.

"Alhamdulillah tahun ini  meriah berbeda dua tahun sebelumnya karena adanya pembatasan jamaah di tiap masjid," ucapnya kepada CELEBESMEDIA.ID usai melaksanakan shalat Idul Adha.

Terkait hewan kurban, Rahman menyebut tahun ini ada perbedaan jumlah ekor sapi yang dikurbankan dari tahun tahun sebelumnya yang berasal dari kelompok masyarakat dan jamaah masjid.

"Alhamdulillah, tahun ini ada 6 ekor sapi yang di kurban, sebelum-sebelumnya hanya 2 hingga 3 ekor sapi," ungkapnya.

Adanya penambahan hewan sapi kurban, Rahman berharap masyarakat dapat berbaur menumbuhkan rasa empati dan simpati sesama warga kompleks.

"Kita (warga) bersyukur ada jumlah tambahan hewan kurban sehingga sikap sosialisasi dan rasa kemanusiaan tetap tumbuh dan berkembang," pungkasnya.

Laporan : Rusmawandi Rara