HUT ke-77, Pangdam XIV Hasanuddin Bersyukur TNI Raih Kepercayaan Publik

Upacara HUT TNI ke-77 di Lapangan Karebosi Makassar, Rabu (5/10/2022) - (foto by Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI)   tahun 2022 daerah Sulawesi Selatan dipusatkan di Lapangan Karebosi Jl. Ahmad Yani Makassar, Rabu (5/10/2022).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) HUT ke-77 TNI di Makassar Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso. Upacara peringatan kali ini bertema " TNI adalah Kita",

Dalam sambutannya, Totok Imam Santoso mengungkapkan rasa syukurnya sebab  berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat.

Hasil survei pertama dari Lembaga Indikator Politik Indonesia pada tanggal 21Juni 2022 yang menyatakan TNI mendapatkan kepercayaan dari publik sebesar 93,2 persen

Kedua dari Lembaga Survei Indonesia tanggal 31 Agustus 2022 menetapkan TNI mendapatkan kepercayaan masyarakat 93 persen, ketiga dari lembaga survei CSIS tanggal 27 September 2022 menetapkan TNI mendapatkan kepercayaan sebesar 93,5 persen.

"Oleh karenanya saya menghimbau kepada seluruh prajurit TNI dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan tersebut dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI," katanya saat membacakan amanat Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Terkait tingginya kepercayaan masyarakat, Totok merasa bersyukur. Namun ia mengimbau kepada seluruh pasukannya agar menjaga kepercayaan tersebut. Bahkan jika bisa kepercayaan itu ditingkatkan lagi

"Artinya itu kita bisa bangga tapi tidak boleh berlebihan karena kebanggaan  itu suatu tuntutan kita untuk kedepan meningkatkan kualitas kinerja lebih baik lagi paling tidak kita menjaga kepercayaan tapi kalau bisa ditingkatkan dan tentunya TNI tidak bisa sendiri harus kompak sinergi dengan seluruh stakeholder dan seluruh komponen bangsa yang ada di wilayah Indonesia," tandasnya.

Ia pun mengungkapkan harapannya agar di HUT ke-77 tahun ini TNI bisa menjadi milik semua masyarakat Indonesia.

"Harapannya saya ulang tahun hari ini ingin menunjukkan kepada kita semua bahwa TNI itu kita, TNI itu saudara kita, TNI juga masyarakat," sebutnya.

"Saya mengajak sama-sama kita hadapi tentunya tidak dengan overlaping sesuai dengan fungsi masing-masing dan Insya Allah semua masalah akan selesai ini juga ada di terori dalam pentahelix, itu ada 5 yang memang harus diberdayakan dalam rangka upaya memanegemeng untuk pemerintah suatu negara," tutupnya.

 Adapun para peserta upacara yakni prajurit TNI dari tiga angkatan (angkatan darat, laut, dan udara), Satpol PP, Basarnas, Komcad dan pelajar.

Dalam kesempatan ini juga, Pangdam menyerahkan 1000 paket sembako kepada warga Kota Makassar. Serta dalam kegiatan upacara tersebut ada aksi bela diri dan tari kolosal dari siswa siswi SMP se Kota Makassar.

Usai upacara peringatan HUT Pangdam bersama masyarakat menyaksikan parade dan karnaval alutsista dengan rute start dari Jl Jend Ahmad Yani dan finish di Lapangan Hasanuddin Jl Jend Sudirman.

Laporan : Darsil Yahya