Mahasiswa UINAM Tutup Jalan Sultan Alauddin, Arus Lalin Macet

Mahasiswa UINAM tutup Jalan Sultan Alauddin, Selasa (6/9) siang - (foto by Rusmawandi Rara)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Puluhan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) memblokade Jalan Sultan Alauddin dengan membakar ban bekas dan menggunakan mobil kontainer sebagai panggung orasi.

Mereka memprotes kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang dinilai menjadi masalah baru bagi masyarakat.

"Kita menilai kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf itu gagal total. Kita ini sedang masa transisi seharusnya pemerintah memberikan kompensasi atau keringanan. Kenaikan BBM ini menjadi masalah baru bagi masyarakat," jelas Ketua Dema Fakultas Hukum UINAM, Muh Arya kepada CELEBESMEDIA.ID, Selasa (6/9/2022).

Selain itu, mereka juga membawa sejumlah spanduk bertuliskan beberapa poin tuntutan, yakni usut tuntas KKN di era Jokowi-Ma'ruf dan stop perampasan ruang hidup.

"Kita menuntut diturunkan BBM, kita juga menuntut kebijakan pengesahan RKUHP," ucapnya.

Akibat demo tutup jalan ini arus lalu lintas (Lalin) macet total dari Kabupaten Gowa menuju Jl AP Pettarani Makassar. Begitu pun dari arah sebaliknya. Pengendara diimbau untuk mencari jalur alternatif.

Hingga berita ini diturunkan puluhan mahasiswa masih melakukan aksi demonstrasi di lokasi. Nampak juga beberapa aparat kepolisian berjaga di lokasi.

Laporan : Rusmawandi Rara