Hari Kelima Paska Erupsi Semeru, 43 Meninggal, 6.542 Orang Mengungsi

Tim gabungan yang melakukan pencarian dan pertolongan korban - (Dok BNPB)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Tim gabungan yang membantu masyarakat paska erupsi Gunung Semeru terus bekerja melakukan pencarian dan pertolongan korban, serta pembersihan.

Hingga hari kelima, Kamis (9/12/2021), tim telah menemukan korban meninggal sebanyak 43 orang. Sementara warga luka-luka tercatat 104 orang, sebanyak 32 orang luka berat dan 82 lainnya luka sedang.

Menurut data yang direkap CELEBESMEDIA.ID dari rilis BNPB, terdapat 6.542 orang mengungsi pada 121 titik lokasi pengungsian. Jumlah pengungsi pada setiap titik berbeda-beda. Ada lokasi yang hanya menampung 11 orang sampai yang terbanyak 2.337 orang pada 10 lokasi di satu kecamatan.

Sementara itu, kerusakan dan kerugian yang dihimpun meliputi 31 fasilitas umum terdampak, hewan ternak sebanyak 2.990 ekor. Terdiri atas sapi 764 ekor, kambing/domba 648 ekor dan unggas 1.578 ekor.

Menurut Abdul Muhari, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, tim gabungan terus melakukan upaya pencarian dan pertolongan lanjutan di beberapa lokasi.  Selain itu, tim lainnya juga terus melakukan pembersihan dan asesmen lanjutan.

Pencarian dan pertolongan serta pembersihan yang dilakukan sejak pukul 05.30 WIB itu sempat dihentikan sementara setelah terpantau awan hitam pekat dan mendung di sekitar Curah Kobokan.

Berdasarkan laporan visual, pada pukul 06.22 WIB, Gunung Semeru tampak jelas dan teramati asap putih tebal yang meluncur ke arah Barat - Barat Daya hingga 1.000 meter.

Download aplikasi CELEBESMEDIA.ID di Appstore dan Playstore.

Follow dan Add juga Sosial Media CELEBESMEDIA.ID di Instagram, Twitter, Facebook & Youtube.