Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Gorontalo, Terasa hingga ke Luwuk

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 5,4 mengguncang Gorontalo, Minggu (11/6/2023) pagi.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya, menyampaikan pihak operasional Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Gorontalo, mengatakan, gempa tektonik terjadi sekitar pukul 09.42 Wita.  

"Lokasi gempa berada di 0,04 Lintang Selatan, 123,08 Bujur Timur atau 64 kilo meter Barat Daya Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, di kedalaman 121 kilo meter," jelas Daryono melansir Antara.

Gempa tidak berpotensi tsunami. Guncangan gempa terasa di Kota Gorontalo, Luwuk dengan skala intensitas II MMI atau getaran yang dirasakan oleh beberapa orang. Selain itu benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala I-II MMI terasa di Kabupaten Gorontalo.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi lempeng lempeng Laut Sulawesi.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Selain itu BMKG juga belum mendeteksi adanya gempa susulan. 

“Hingga pukul 10:0 Wita, hasil pantauan BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (gempa susulan),” ujar Daryono melanjutkan.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan stabilitas bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.