Diskominfo Makassar Gandeng Media Mainstream Cegah Informasi Hoaks

Kepala Diskominfo Kota Makassar, Mahyuddin dalam kunjungan di Celebes Media, Rabu (16/2/2022) - (foto by: Wahyu Saputra)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar -  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar menilai maraknya informasi yang beredar di masyarakat di media sosial (medsos) merupakan tantangan bagi media mainstream.

Hal itu, merujuk dengan banyaknya akun-akun medsos yang saat ini aktif memberikan informasi kepada masyarakat, namun masih perlu dipertanyakan akurasi fakta dan kredibiltasnya.

Sehingga untuk meminimalisir penyebaran informasi yang tidak jelas asal usulnya itu, Diskominfo Kota Makassar pun memiliki tim khusus untuk menganalisa informasi tersebut. 

"Setelah tim kami menganalisa dan mencari informasi dari sumber yang jelas maka kami menyampaikan informasi ini kepada masyarakat melalui media kami maupun melalui media elektronik lainnya," kata Kepala Diskominfo Kota Makassar, Mahyuddin saat berkunjung ke Kantor Redaksi CELEBESMEDIA.ID di Lantai 15 Menara Bosowa, Rabu (16/2/2022).

Tak hanya itu, di era digitalisasi saat ini Mahyuddin juga berharap media mainstream baik online, cetak ataupun elektronik bisa memberikan informasi benar kemudian disebarkan melalui medsos. 

"Terkhusus dengan informasi yang berkembang di medsos saya berharap dengan informasi melalui hasil jurnalis harus memberikan berita yang berimbang sehingga masyarakat dalam memperoleh informasi tidak bingung dan mendapatkan informasi yang benar bukan hoaks," ujarnya.

Mahyuddin juga berharap agar media dapat mengedukasi ke masyarakat agar jangan mudah percaya sebuah informasi yang belum terjamin kebenarannya.

"Ini memberikan bantuan kepada kami bagaimana menganalisa berita-berita atau informasi yang muncul di medsos," tutupnya.

(Laporan : Darsil Yahya)