PSM Wajib Kembalikan Trofi Liga 1 2022/23 ke LIB

Trofi Liga 1 2022/23 - (foto by LIB)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - PSM Makassar hanya bisa menyimpan trofi Liga 1 2022/23 selama tiga bulan, sejak diterima dalam seremoni juara.

Setelah tiga bulan, trofi yang asli akan dikembalikan ke operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB). Sebagai gantinya, PSM akan diberi replika piala yang menjadi hak klub.

Aturan soal trofi tersebut tertuang dalam Pasal 65 Ayat 1 Regulasi Liga 1 2022-2023.

"Piala BRI Liga 1 akan diberikan kepada Klub pemenang BRI Liga 1 dan diberikan kesempatan untuk dapat disimpan selama tiga bulan," bunyi pasal tersebut.

"Setelah waktu tersebut, klub pemenang BRI Liga 1 wajib mengembalikan piala tersebut kepada LIB," sambung bunyi Pasal 65 Ayat 1.

Dalam regulasi itu, klub pemenang harus bertanggung jawab terhadap kondisi piala selama dikuasai.

"Klub pemenang BRI Liga 1 bertanggung jawab terhadap kondisi serta kerusakan yang timbul terhadap piala yang disimpan oleh klub pada waktu yang telah ditentukan dan wajib mengembalikan piala tersebut kepada LIB dalam kondisi baik," tulis Pasal 65 Ayat 2.

Sebelumnya, PSM menerima trofi Liga 1 2022/23 dalam seremoni juara di Stadion Gelora BJ Habibie (GBH), Parepare, Minggu (16/4) malam.

Pasukan Ramang jadi kampiun musim ini setelah perolehan poinnya tak terkejar lagi oleh Persija dan Persib. PSM finis di puncak klasemen dengan koleksi 75 poin.