Kemenag Sulsel akan Pantau Hilal 1 Ramadan di Pantai Galesong

Wahyuddin Hakim, Kabid Urais Kanwil Kemenag Sulsel - foto by Rusmwandi Rara

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulsel akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) 1 Ramadan 1444 H pada Rabu (22/3/2023). Rukyatul hilal ini sebagai salah satu rujukan dalam penetapan waktu masuknya puasa Ramadan.

“Jadi insyaAllah undangan kami telah edarkan melaksanakan kegiatan hilal yang insya Allah dilaksanakan pada Rabu tanggal 22 Maret 2023 dan tempatnya dilaksanakan di tempat wisata Pantai Galesong jadi kita akan melaksanakan mulai dari jam 16.30 Wita sampai selesai,”jelas Wahyuddin Hakim, Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Urais) Kanwil Kemenag Sulsel kepada CELEBESMEDIA.ID, Senin (20/3/2023).

Pemantauan hilal ini akan melibatkan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar yang rencananya akan dipusatkan di Wisata Pantai Galesong.

“Karena kemunculan hilal jadi pertanda berakhirnya bulan dan masuknya bulan baru dalam kalender Islam di waktu sekitar magrib dan kami juga sudah sampaikan kepeda media juga BMKG wilayah IV untuk bersama sama melaksanakan hilal,” jelasnya.

“Untuk Sulawesi Selatan sendiri kita pusatkan di Wisata Pantai Galesong,” lanjutnya.

Wahyuddin menjelaskan  pada rukyatul hilal, pengamatan hilal bisa dilakukan dengan mata telanjang atau menggunakan teleskop.

“Biasanya hilal ini akan diamati pada sore hari menjelang magrib. Untuk hasil yang tentu yang lebih jelas orang akan melakukan pengamatan biasanya ditepi pantai atau di dataran tinggi,” katanya.

Hasil dari pantauan Kemenag Sulsel ini akan dilaporkan ke pusat untuk menjadi rujukan jatuhnya 1 Ramadan 1444 Hijriah.

Laporan: Rusmawandi Rara