Ungguli Suara Said Aqil, Yahya Staquf Pimpin Nahdlatul Ulama

KH Yahya Cholil Staquf - (foto by NUonline)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Berhasil meraih dukungan suara terbanyak, KH Yahya Cholil Staquf akhirnya ditetapkan sebagai Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama untuk periode 2021-2026.

Keputusan tersebut ditetapkan dalam Sidang Pleno V yang dipimpin Ketua Panitia Pengarah Muktamar ke-34 NU Prof Muhammad Nuh dan Sekretaris H Asrorun Niam Sholeh di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung (Unila) pada Jumat (24/12/2021).

Kiyai Yahya pernah menjadi juru bicara Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang juga pernah memimpin NU. Yahya adalah putra dari tokoh NU Kiyai Cholil dan kakak kandung dari Menteri Agama, Yaqut Cholil Quomas. 

Dalam muktamar NU, pemilik suara adalah 

dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), dan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU). 

"Kiai Haji Yahya Cholil Staquf ditetapkan sebagai Ketua Umum PBNU masa khidmat 2021," kata Nuh, sembari mengetuk palu.

"Al-Fatihah," imbuh Ketua PBNU 2015-2021 itu, sebagaimana dikutip dari laman Nuonline. 

Muhammad Nuh adalah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta mantan Menteri Komunikasi dan Informatika. Saat ini ia juga Ketua Dewan Pers yang masa jabatannya akan berakhir tahun 2022.

KH Yahya Cholil Staquf memimpin dengan mendapat 337 suara, sedangkan KH Said Aqil Siroj yang juga Ketua Umum PBNU 2015-2021, menempati posisi berikutnya dengan mendapat 210 suara. Ada satu suara yang abstain. Artinya, suara yang masuk 548. Total suara tersebut dibacakan Prof M Nuh.

Sebelumnya, di babak pertama, KH Yahya Cholil Staquf memimpin dengan mendapat 327 suara. Sementara KH Said Aqil Siroj pada posisi berikutnya dengan mendapat 203 suara. Disusul KH As’ad Said Ali mendapat 17 suara. 

Satu kandidat lainnya, KH As’ad Said Ali hanya meraih di bawah 99 suara, maka tidak lanjut pada babak pemilihan kedua.

Sebelumnya, di tempat yang sama, pada Kamis (23/12/2021) malam, KH Miftachul Akhyar ditetapkan kembali sebagai Rais ‘Aam PBNU oleh 9 kiyai anggota Ahlul Halli wal Aqdi (Ahwa).

Download aplikasi celebesmedia.id di Appstore dan Playstore.

Follow dan Add juga Sosial Media Celebesmedia.id di Instagram, Twitter, Facebook & Youtube.