Enam Hari 12 Desa di Luwu Terisolasi, Warga Dievakuasi ke Posko Belopa

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ribuan warga pada 12 desa di Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu masih terisolasi. 

Akses jalan menuju kecamatan tersebut terputus akibat banjir dan longsor yang melanda Luwu, Jumat (3/5) lalu. Enam jembatan putus yang menghambat distribusi bantuan logistik.

Daerah tersebut telah berhasil ditembus tim SAR gabungan, TNI Angkatan Udara, Polri dan Pj Gubernur yang menyisir daerah terisolasi pada, Selasa (7/5).

Sebagian warga juga telah berhasil dievakuasi ke posko Induk Belopa oleh relawan dan tim medis. Meski demikian logistik masih tetap disalurkan melalui udara menggunakan helikopter karena 12 desa itu belum bisa ditembus melalui jalur darat.

"Update penanganan bencana, pengendali dilapangan dipimpin oleh kapolda bersama pangdam, sudah bisa tembus ke daerah yang terisolasi di Latimojong," ucap PJ Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin di rumah jabatan Gubernur, Rabu (8/7/2024).

"Relawan dan tenaga medis TNI dan polri sudah membangun posko diatas, karena tidak mungkin kita mobilisasi juga warga turun semua kebawah, jadi posko nya kita diatas," sambungnya. 

Fokus pembenahan di derah terisolasi tersebut adalah perbaikan jembatan, kata Pj Gubernur.

"Mobilisasi logistik yang terbesar masih melalui udara, karena sambil membangun jembatan ada 6, 6 jembatan yang putus, Ini kita lakukan upaya percepatan, TNI, Polri bersama dengan relawan, kementerian PU, sedang bekerja keras bagaimana membangun jembatan secepatnya di tempat tempat longsor ini," jelasnya.

Laporan: Riski