Sulsel Dapat Tambahan Kuota Haji 800 JCH

Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi - foto by Rusmawandi Rara

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi membeberkan Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapatkan kuota haji tambahan 2 kloter atau sekitar 800 Jemaah Calon Haji (JCH) dari jumlah kuota tambahan yang diperoleh Indonesia sebanyak 8.000 orang.

Lebih detail Ashabul Kahfi merincikan dari 800 tambahan kuota haji, 400 kuota sudah terisi.

“Dari 8.000 kuota tambahan, Sulsel dapat 2 kloter, dari 2 kloter ada 400 sekian sudah terisi. Ini khusus sulsel jumlah pastinya dari 2 kloter ini 800 lebih dan itu dengan jumlah petugasnya,” katanya saat pemberangkatan kloter 1 JCH Embarkasi Makassar, Rabu (24/5/2023) dini hari.

Ia pun mengatakan dari semua kabupaten di Sulsel, Bantaeng merupakan daerah dengan daftar tunggu haji terlama.

“Sulsel paling banyak waiting listnya. Ini konsekuensi  minat umat Islam untuk berhaji. Nah untuk Sulsel di Bantaeng sampai 47 tahun (waiting list) jadi harapan kita dengan kouta tambahan ini bisa mengurangi antrean panjang ini,” ucapnya.

Tiap provinsi di Indonesia mendapatkan tambahan kuota haji yang berbeda tergantung jumlah muslim dan panjang daftar tunggunya.

“Dari 8.000 tambahan kuota ini setiap daerah bervariasi koutanya bertambah. DKI 3 kloter, Surabaya 3 kloter. Ini disesuaikan dengan jumlah muslimnya dan waiting list (daftar tunggu) terbanyak,” katanya.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 388 Jemaah Calon Haji (JCH) kloter 1 Embarkasi Makassar diberangkatkan ke Arab Saudi, Rabu (24/5/2023) dini hari. Sementara untuk kloter kedua JCH Embarkasi Makassar sebanyak 399 orang yang telah berada di Asrama Haji Sudiang. Lansia 79 orang dengan jamaah tertua berusia 98 tahun. Mereka berasal dari Soppeng dan Selayar. Rencananya kloter kedua akan diberangkatkan hari ini, Rabu (24/5/2023) malam pukul 20:00 WITA.

Laporan : Rusmawandi Rara