Taman Budaya Benteng Somba Opu Jauh dari Kata Layak

Pagar Baruga Benteng Somba Opu rusak - (foto by Rusmawandi Rara)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Taman Budaya Benteng Somba Opu yang terletak di Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, ternyata dalam kondisi rusak hingga nyaris roboh.

Dari pantauan CELEBESMEDIA.ID di lokasi, Senin (15/5) Pukul 09.30 Wita,  sejumlah rumah adat rusak parah. Atapnya sudah ada yang roboh, tiang penyanggah juga mulai terlihat tidak layak.

Hanya beberapa bangunan rumah adat yang masih berfungsi dan terlihat terawat. Seperti, rumah adat kabupaten Luwu, rumah adat Bulukumba, rumah adat Soppeng, Baruga Benteng Somba Opu, rumah adat Mandar, rumah adat Majene, rumah adat Bugis.

Tak hanya itu, arsitektur kawasan bangunan rumah adat mulai sudah tidak terlihat . Dimana, pagar sebagai pembatas jalan sudah roboh bahkan hancur di makan usia.

Di dalam kawasan Somba Opu, terdapat juga kawasan kantin tapi kondisinya tidak layak. Dimana, rumput liar tumbuh 50 cm hingga 100 cm. Hanya bekas balai-balai dan alat outbond yang terlihat.

Sejumlah warga memanfaatkan kawasan Benteng Somba Opu sebagai tempat hewan peliharaan. Tampak banyak sapi mencari makan di lokasi tersebut.

Meski demikian, para pekerja mulai membenahi kerusakan salah satunya pagar pembatas rumah adat.

Wira Arisandi (20) salah satu pengunjung menyayangkan peninggalan situs bersejarah tidak dijaga dan tidak terurus.

"Kan kasihan, peninggalan sejarah tidak terurus seperti ini. Kayak kumuh dilihat padahal bagus kalau terawat," ucapnya kepada CELEBESMEDIA.ID di lokasi, Senin (15/5/2023).

Wira mengaku tak ada lokasi yang bagus untuk berswafoto. Kondisi material rumah adat terbuat dari kayu tersebut tampak rusak akibat minim perawatan.

"Kita lihat mi (Rumah Adat Gowa) itu atapnya sampai hancur begitu, bagaimana caranya mau abadikan momen tidak sesuai ekspektasi," ungkapnya.

Wira menyebutkan, bukan hanya rumah adat yang tidak terurus, melainkan ruas jalan di dalam kawasan Benteng Somba Opu mulai rusak dan sangat membahayakan pengendara.

"Kita lihat mi ini (Benteng Somba Opu) jalan saja nah sudah tidak layaknya, bekas peping sudah mulai hancur, bisa orang jatuh," ungkapnya.

Diketahui, sebanyak 12 unit rumah adat yang ada di kawasan Taman Budaya Somba Opu. Tiga unit rumah adat rusak parah, seperti rumah adat Tanah Toraja, rumah adat Ujung Pandang, rumah adat Gowa.

Taman Budaya Benteng somba Opu tersebut merupakan peninggalan Kesultanan Gowa yang dibangun Raja Gowa ke-9 Daeng Matanre Karaeng Tumapa’risi’ Kallonna pada abad ke-16.

Laporan: Rusmawandi Rara