Diskominfo-SP Selayar Ikuti Sosialisasi Program Sikamaseang BPJSTK

CELEBESMEDIA.ID, Selayar - Jajaran pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar khususnya pada Dinas Kominfo SP mengikuti sosialisasi terkait program Sikamaseang yang melekat pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK).

Sosialisasi ini dipimpin oleh Kepala Diskominfo-SP Selayar, Drs. Ahmad Yani di ruang kerjanya, Kamis (18/4/2024).

Sedangkan pemateri yang dihadirkan, selain dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, juga menghadirkan pemateri dari BPJSTK Selayar, Nuralim Muhammad.

Kadis Kominfo Ahmad Yani berharap jajaran ASN Diskominfo-SP Selayar bisa turut membantu orang lain dengan ikut serta dalam program Sikamaseang BPJSTK

"Program Sikamaseang ini adalah program dimana setiap ASN menanggung orang lain dengan membayarkan iuran BPJSTK yang ditanggung. Dengan demikian kita telah turut membantu orang lain, walaupun kemudian klaim kepesertaanya jatuh kepada ahli waris yang tertanggung," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Ahmad Yani, dengan keikutsertaan dalam program Sikamaseang tersebut, berarti sudah ikut membantu untuk meningkatkan cakupan kepesertaan program BPJSTK lingkup Pemkab Selayar.

"Jadi saya harap setelah sosialisasi ini selesai, supaya segera memasukkan data-data orang yang akan ditanggung sesuai dengan juknis dari BPJSTK," pintanya.

Sementara Nuralim pemateri dari BPJSTK Selayar menyebutkan sasaran program Sikamaseang adalah mereka pekerja mandiri atau bukan penerima upah secara rutin setiap bulan. 

"Usia yang ditanggung dibawah 65 tahun pada saat proses pendaftaran. Yang didaftarkan adalah mereka yang memiliki pekerjaan dengan posisi pada saat mendaftar adalah orang yang masih bekerja," jelasnya. 

Nuralim juga mengulas secara detail terkait manfaat kepesertaan dalam program di BPJS Ketenagakerjaan, baik itu dalam program JKM, JKK dan Jaminan Hari Tua (JHU).

Sebagai informasi, sehari sebelumnya Wabup Selayar Saiful Arif telah mengingatkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar mengakomodir ASN-nya untuk ikut serta dalam program tersebut.