Tomat Mahal, Pembeli Pilih Beli Eceran

CELEBESMEDIA.ID, Gowa - Pembeli mengeluhkan harga tomat yang mahal. Beberapa pembeli bahkan membeli secara eceran dibanding harus membeli kiloan.

Salah satu pembeli Jumi mengatakan lebih memilih membeli tomat eceran karena harganya yang telalu mahal saat ini yang kenaikan harganya lebih dari 100%.

"Sekarang beli tomatnya eceran saja. Karena mahal sekali kalau beli per kilo padahal uang yang dianggarkan untuk beli tomat biasanya tetap lima ribu rupiah. Dulu kalau harga segitu (Rp5 ribu) sudah dapat setengah kilo sekarang hanya beberapa biji saja, bisa dihitung jari," jelasnya.

Jumi yang juga warga Katangka itu mengaku meski harga naik tetap harus membeli tomat karena banyak masakan di rumah yang membutuhkan tomat.

"Kalau masak di rumah harus ada cobe'-cobe' (sambal) jadi harus ada tomat. Selama harganya mahal ya diakali mi saja dengan beli eceran sambil menunggu harga kembali normal," lanjutnya.

Pembeli lainnya Asya juga membeli tomat secara eceran. Alasannya karena masih banyak sayuran lainnya yang harus dibeli.

"Kalau beli kiloan sekarang terlalu mahal. Harusnya sudah bisa beli sayur lainnya kayak kangkung, bawang, lombok. Sekarang tomatnya terlalu mahal mungkin karena musim hujan, tomatnya kebanyakan busuk," katany

Berdasarkan pantauan CELEBESMEDIA.ID, Minggu (21/1) di pasar Pallangga harga tomat baik 150% dari harga normal, dsri harga Rp10.000  baik menjadi Rp25.000 per kilogram.