IPHI Sulsel Harap Ada Pelayanan Khusus Bagi JCH Lansia

CELEBESMEDIA.ID,Makassar-  Banyak jemaah calon haji (JCH) lanjut usia (lansia) yang ikut dalam pemberangkatan haji tahun ini. Bahkan hampir tiap kloter terdapat lansia yang usianya di atas 80 tahun.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) mencatat bahwa 30 persen atau 67.000 JCH Indonesia yang berangkat pada tahun 2023 ini adalah jemaah lanjut usia (lansia). Sedangkan pada tahun sebelumnya pemerintah melarang JCH di atas 65 tahun karena pandemi Covid-19.

Khusus JCH Embarkasi Makassar, hampir tiap kloternya terdapat lansia yang berusia di atas 80 tahun. Misalnya di kloter pertama yang berangkat Rabu (24/5) dini hari kemarin ada 82 lansia, yang tertua usianya 90 tahun. Sedangkan kloter kedua yang berangkat Rabu malam, jumlah lansia ada 79 orang dan yang tertua berusia 98 tahun.

Melihat kondisi tersebut, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Sulsel, Abu Bakar Wasahua menilai perlu adanya pelayanan khusus bagi para JCH lansia.

"Pandangan IPHI Sulsel mengenai hal ini, saya rasa memang perlu adanya pelayanan khusus terutama bagi JCH lansia, baik dari segi pendampingan, fasilitas, maupun kenyamanan mereka nanti dari awal sampai akhir proses ibadah haji ini," ucapnya dalam program Obrolan Karebosi Celebes TV Rabu (24/05/2023) malam.

Abu Bakar Wasahua juga mengapresiasi pemerintah dan penyelenggara karena kembali membuka kesempatan bagi JCH lansia untuk bisa menunaikan ibadah haji tahun ini.  

"IPHI sendiri menilai ini sudah bagus, karena setelah sekian lama JCH Lansia menunggu akhirnya bisa diberikan kesempatan, saya pikir juga perlu ada prioritas. Kebijakan pemerintah mengenai lansia ini memang butuh pelayanan spesial, sebagai langkah maju dibandingkan tahun-tahun kemarin yang diseterakan," tutupnya.

Laporan: Moh. Firmansyah Putra