Apa Itu Hari Kabisat? Jadi Tema Google Doodle Hari Ini

Tangkapan layar laman utama Google

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Saat membuka laman Google hari ini, Kamis (29/2), akan muncul gambar seekor katak yang melompat diantara angka 1 dan 28. Pada dada katak yang berwarna hijau itu tertulis angka 29.

Animasi katak melompat tersebut merupakan Google doodle  merayakan hari kabisat yang jatuh tepat hari ini di tahun 2024. Pada bagian sudut kanan Google doodle tersebut ada simbol share yang jika ditekan maka akan muncul tulisan Hari Kabisat 2024.

Apa Itu Hari Kabisat?

Hari kabisat adalah satu hari tambahan di tahun kabisat  yang jatuh pada hari ini Kamis 29 Februari. Jika biasanya bulan Februari hanya sampai tanggal 28, maka di tahun ini ada tambahan 1 hari yakni tanggal 29 yang cuma terulang empat tahun sekali dan disebut hari kabisat atau leap day.

Tahun Kabisat adalah tahun yang habis dibagi empat dan habis dibagi 400. Tahun ini memiliki hari yang lebih panjang, yakni 366 hari, sedangkan normalnya 365 hari.

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kabisat adalah tahun yang memiliki jumlah hari lebih panjang sebanyak satu hari yakni 366 hari, sedangkan tahun biasa berjumlah 365 hari

Sejarah Tahun Kabisat

Dikutip dari laman Livescience, tahun kabisat sudah ada sebelum 45 sebelum Masehi. Saat itu Julius Caesar memperkenalkan kalender Julian dengan konsep tahun kabisat setiap empat tahun.

Kalender Julian  terdiri dari 365 hari dengan 12 bulan. Kalender ini murni berdasarkan matahari dan menghitung satu tahun dengan 365,25 hari, jadi setiap empat tahun sekali ditambahkan satu hari ekstra. Sebelum itu, bangsa Romawi menghitung satu tahun dengan 355 hari.