Miris, 3.295 Anak Putus Sekolah di Makassar

Kepala Disdik Kota Makassar Muhyiddin - foto by Ardi Jaho

CELEBESMEDIA.ID, Makassar- Jumlah anak putus sekolah (APS) di Kota Makassar masih banyak. 

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar mendata APS untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) di tahun 2023 sebanyak 2.240 orang, sedangkan APS untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 1.055 orang. Sehingga jika dijumlahkan sebanyak 3.295 orang.

Kepala Disdik Kota Makassar Muhyiddin menjelaskan penyebab seorang anak putus sekolah di Makassar dipicu beberapa faktor. Diantaranya faktor ekonomi, keluarga, perceraian, maupun anak yang terlantar.

"Untuk menekan angka putus sekolah kami di Disdik Makassar terus berupaya dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti komunitas massikola,Relawan massikola ini kami kerja sama dan bahkan dengan kerja sama yang kami lakukan ini ada 400 anak kita kembalikan," bebernya.

Muhyiddin mengaku Disdik terus berupaya mencari solusi agar anak putus sekolah tetap bisa melanjutkan pendidikannya.

"Umpamanya terputus di SD padahal  usianya sudah 15 tahun padahal harusnya sudah SMP maka tentunya kami membuka peluang mereka untuk melakukan pendidikan kesetaraan. Apakah ikut ujian  paket A,B atau C jadi kami memberikan peluang pendidikan kesetaraan," lanjutnya.

"Yang paling penting juga kami sampaikan kepada masyarakat kota Makassar bahwa insyaAllah kita ingin semua siswa agar mendapatkan pendidikan baik formal maupun non formal," tutupnya.

Sementara Disdik mencatat  kelulusan sekolah tahun 2023 pada 15 kecamatan di Makassar yakni tingkat SD sebanyak 22.082 siswa, SMP 21.523 siswa dan TK: 13.859 siswa.

Laporan: Ardi Jaho.