Status Darurat Covid-19 Dicabut, Mal di Makassar Tetap Terapkan Prokes

Pengunjung mal masih gunakan prokes pasca WHO mencabut status darurat Covid-19 - foto by Ardi Jaho

CELEBESMEDIA. ID, Makassar- Tiga tahun lamanya Indonesia dilanda pandemi Covid-19, sejak wabah merambah pada tahun 2020 berbagai aktivitas dibatasi.

Pasca pandemi Covid-19 ternyata tidak hanya eninggalkan duka. Masyarakat yang benar-benar peduli dengan kesehatan lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kesehariannya.

Terbukti masih banyak masyarakat yang memakai masker saat berada di keramaian. Misalnya di Mal Ratu Indah (MARI) yang tetap menyiapkan tempat cuci tangan lengkap dengan hand sanitizernya. Pantauan CELEBESMEDIA.ID, meski pihak MARI tidak lagi mewajibkan penerapan prokes, namun masih banyak diantara pengunjung mal yang terletak di Dr Ratulangi banyak yang menggunakan masker.

Costumer Relation Mal Ratu Indah, Tari membenarkan jika saat ini pengunjung yang datang sudah tidak diwajibkan untuk melakukan prokes, namun pihaknya tetap masih menyiapkan fasilitas untuk mencuci tangan dan hand sanitizer bagi pengunjung yang ingin menggunakannya.

"Meski WHO telah mencabut status Covid-19, tetapi di Mal Ratu Indah masih terapkan prokes walaupun tidak wajib,  karena masyarakat sudah terbiasa menerapkan hidup sehat," ujarnya kepada CELEBESMEDIA.ID, Kamis (11/5/2023).

Ia mengungkapkan semenjak pandemi berakhir tingkat pengunjung yang datang ke MARI pun meningkat dngan tidak melupakan prokes di tempat keramaian.

"Jadi sudah jadi kebiasaan masyarakat menggunakan masker saat berkunjung ke mal," jelasnya.

Sementara itu Nia, salah satu pengunjung mal mengaku meski pandemi telah berakhir tetapi ia memilih tetap menggunakan masker karena sudah terbiasa menggunakan masker selama beberapa tahun saat beraktivitas diluar ruangan.

" Sudah terbiasa ma, karena bagus juga kalau pakai masker, lebih menjaga kesehatan," ucap Nia.

"Semoga berakhirnya pandemi dapat lebih meningkatkan pola hidup sehat," tutupnya.

 Berdasarkan data dari WHO terkait perkembangan Covid-19 dari 235 Negara sebanyak  765.903.278 Terkonfirmasi Covid-19, meninggal dunia 6.927.378 .

Sedangkan di Indonesia sendiri ada  6.792.173 Positif Covid-19, sembuh 6.611.770 orang sedangkan meninggal dunia 161.526.

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) resmi mencabut status darurat Covid-19, pada Jumat (5/5/2023).