Puncak Arus Balik Pelabuhan Makassar Diprediksi H+10 Idul Fitri

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Empat hari setelah Idil Fitri, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar mulai ramai pemudik. 

Terpantau Pelabuhan Soekarno Hatta, pada Minggu (14/04) atau H+4 Idul Fitri,  arus balik penumpang sudah ramai pemudik meski belum membeludak. 

Hingga H+3 lebaran,  General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar,  Iwan Sjarifuddin mengungkapkan Pelabuhan Soekarno Hatta atau Pelabuhan Makassar mencatatkan setidaknya arus penumpang embarkasi dan debarkasi mencapai 57.957 orang.

" Embarkasi dan debarkasi tercatat mencapai 57.957 orang,  terdiri dari 31.621 orang penumpang embarkasi atau berangkat dan 26.336 orang penumpang debarkasi atau turun di Pelabuhan Makassar," ungkap GM Pelindo Regional 4 Makassar,  Iwan Sjarifuddin. 

Angka tersebut kata Iwan akan terus meningkat hari demi hari saat arus balik,  pihaknya memprediksi puncaknya akan terjadi pada Sabtu (20/04) atau H+10 Idul Fitri. 

Tak tanggung kata Iwan, puncak arus balik lebaran tahun ini diprediksi akan mengalami peningkatan hingga 6 Persen jika dibandingkan dengan arus balik pada tahun sebelumnya. 

"Estimasi peningkatan jumlah penumpang di musim arus balik tahun ini sebesar 6 persen dibandingkan dengan arus balik di l

Periode yang sama pada lebaran tahun lalu,  " Jelasnya. 

Untuk mengantisipasi ramainya arus balik yang akan terjadi di Pelabuhan Makassar,  pihak Pelindo regional 4 mengaku akan terus memantau setiap pergerakan yang terjadi selama arus balik nanti untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang. 

" Kami akan memantau perkembangan di pelabuhan Makassar secara online melalui cctv atau kamera pengawas yang terpasang hampir di setiap sudut pelabuhan, " Ungkap Junior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 4 Makassar, Andy Hermawan.