Makassar Tuan Rumah MNEK 2023, Danny: Kita Sangat Bangga

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK), merupakan latihan non tempur yang digelar setiap 2 tahun sekali oleh TNI Angkatan Laut (AL). 

MNEK tahun 2023 ini, merupakan gelaran perdana yang dilaksanakan setelah pandemi Covid-19. Sebelumnya di tahun 2014 digelar di Batam, tahun 2016 di Padang, dan tahun 2018 di Lombok. Sedangkan di tahun 2023 ini, Makassar menjadi tuan rumah.

Ratusan masyarakat turut antusias meramaikan gelaran MNEK 2023 ini, Mereka datang orang-orang terdekatnya untuk menyaksikan hiburan yang tersedia di acara MNEK 2023 malam ini.

Gelaran acara malam hari ini cukup unik karena juga menjadi malam Pameran Maritim TNI Angkatan Laut. Terdapat banyak tenan UMKM yang berjejer di sepanjang Jalan Anjungan Pantai Losari.

Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengungkapkan rasa gembiranya karena Makassar diberi kepercayaan penuh untuk menjadi tuan rumah gelaran ke-4 MNEK 2023.

"Kita sangat bangga, karena ada kepercayaan, kepercayaan ini tidak kita sia-siakan, karena ini berkaitan dengan harga diri Indonesia, harga diri kota Makassar. Siri na pacce', kita buktikan bahwa kita menjaga harga diri bangsa di depan delegasi seluruh dunia, " jelas Walikota Makassar saat kepada CELEBESMEDIA.ID, Senin malam (5/06/2023).

Kegiatan MNEK bertujuan untuk mempererat hubungan kerjasama TNI AL dengan angkatan laut mitra dalam operasi militer dan non-militer, seperti bantuan bencana dan evakuasi medis.

Dikesempatan yang sama pada gelaran gala dinner MNEK 2023 , Makassar diperkenalkan sebagai "Kota Makan Enak".

"Salah satu yang produktif adalah makanan, dan Makassar paling menonjol soal makanan diseluruh dunia, dengan itu memperkenalkan bahwa 'delicious foodnya' Makassar bukan sekedar kata,tapi itu sudah menjadi bagian keistimewaan didunia, " sambungnya.

"Senang sekali mereka mulai dari sarabba nya, sanggara balanda, mereka senang sekali dengan sanggara balanda, tidak pernah katanya mereka rasakan kue seenak itu," tandasnya.

Laporan : Riski Mahakam