BMKG Makassar: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang 8-10 Maret

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, mengimbau masyarakat Sulsel  akan peningkatan curah hujan disertai kilat dan angin kencang hingga 3 hari ke depan. 

Prakirawan BMKG wilayah IV Makassar, Rizky Yuda menjelaskan peningkatan curah hujan disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di hampir seluruh wilayah Sulsel.

"Peningkatan curah hujan. Kami lihat itu hampir di seluruh wilayah Sulsel tapi lebih khusus di wilayah Sulsel bagian barat dan Sulsel bagian Utara dan kepulauan Selayar disertai dengan kilat petir maupun angin kencang yang dapat berpotensi," jelas Rizky Yudha kepada CELEBESMEDIA.

Rizky Yudha mengungkapkan kondisi tersebut akan terjadi hingga 12 Maret di wilayah Sulsel bagian barat dan kepulauan Selayar. Namun puncaknya akan terjadi mulai Jumat ,(8/3) hingga Ahad (10/3).

Lebih rinci Rizky Yudha menjelaskan peningkatan curah hujan dipicu adanya tanda masa peralihan cuaca dari musim hujan ke kemarau atau pancaroba. Selain itu BMKG Wilayah IV Makassar juga melihat ada fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang akan menyambangi wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).

Madden Julian Oscillation merupakan suatu gelombang atau osilasi non seasonal yang terjadi di lapisan troposfer yang bergerak dari barat ke timur dengan periode osilasi kurang lebih 30-60 hari.

Fenomena atmosfer yang berpotensi mengakibatkan peningkatan curah hujan di daerah yang dilaluinya. 

"Fenomena MJO kami lihat mulai  memasuki wilayah Sulsel, dan juga terdapat daerah tekanan rendah di sebelah selatan Indonesia, sehingga menyebabkan terjadinya pertemuan angin atau konvergensi khususnya wilayah Sulsel bagian selatan sehingga meningkatkan pertumbuhan awan awan hujan di Sulsel bagian barat dan kepulauan Selayar," jelasnya.

Selain itu kata Rizky juga   ombak tinggi di wilayah selat Makassar bagian selatan dan Perairan sebelah selatan Sulsel mencapai 2,5 Meter. Sedangkan kecepatan angin hingga 40-50 km/jam.

Pihaknya menghimbau masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan selama 3 hari ke depan.

"Kami menghimbau untuk meningkatkan kewaspadaan selama 3 hari kedepan khususnya di wilayah Sulsel, " tutupnya.

Laporan : Riski