Google Doodle Rayakan IWD 2024, Gambar 3 Perempuan Dalam Selimut

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Google doodle ikut merayakan International Woman Day (IWD) atau Hari Perempuan Internasional 2024 yang jatuh pada hari ini, Jumat (8/3).

Google menampilkan menampilkan karakter perempuan lintas usia dan lintas ras. Ketiganya terlihat menggunakan selimut yang tepinya membentuk huruf O kedua dari kata Google.


Selain itu, huruf O pertama dari kata Google menampilkan simbol universal untuk perempuan. Sedangkan huruf O yang kedua berbentuk selimut yang disulam atau biasa disebut quilt. Selimut ini simbol kemajuan yang dicapai selama bertahun-tahun. Selimut tersebut membalut 3 perempuan lintas generasi.

Tema Hari Perempuan Internasional 2024 adalah Inspire Inclusion dengan harapan Hari Perempuan Internasional dapat menginspirasi orang lain untuk memahami dan menghargai inklusi perempuan dan menciptakan dunia lebih baik. 

Sejarah Hari Perempuan Internasional

Peringatan Hari Perempuan Internasional, berawal dari perjuangan melawan penindasan yang terjadi pada kaum hawa, hingga awal abad ke-20. 

Hari Perempuan Internasional, pertama kali diadakan pada Maret 1911 dan persetujuan adanya peringatan Hari Perempuan Internasional disepakati di Kopenhagen, Denmark. 

Namun Perayaan pertama Hari Perempuan Internasional (IWD) sendiri dilakukan PBB pada 1975.

Perayaan ini sendiri memperingati dua demonstrasi awal yang menjadi cikal bakal Hari Perempuan; satu demo di Saint Petersburg, dan satu lagi di New York City.