Fakultas Kedokteran Unibos Raih Akreditasi B

Syukuran Universitas Bosowa (Unibos) di Rumah Makan Lae-Lae, Rabu (9/3/2022) - (foto by: Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Rektor Universitas Bosowa (Unibos) Prof Saleh Pallu bersyukur atas capaian Fakultas Kedokteran (FK) Unibos meraih Akreditasi B dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Atas capaian akreditasi itu, civitas akademika Unibos menggelar acara syukuran dengan makan bersama di Rumah Makan Lae-Lae, Jalan Datu Museng, Rabu (9/3/2022).

Berdasarkan SK no. 0140/LAM/PTKes/Akr/Sar/II/2022, Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa meraih akreditasi B dan berlaku tahun 2022 ini. SK akreditasi ini dikeluarkan setelah tim visitasi LAM-PTKes mengunjungi Unibos pada 11 Februari 2022 lalu.

Prof Saleh Pallu  berharap kelak Fakultas Kedokteran Unibos dapat meraih Akreditasi A.
"Selamat kepada seluruh civitas akademika Fakultas Kedokteran (Unibos) yang bisa mengantarkan akreditasi menjadi B dan saya yakin Insyaallah kedepa apabila dosennya sudah sempurna (lengkap) pasti akan menjadi akreditasi A dan profesi menjadi baik sekali," ucap Prof Saleh Pallu dalam sambutannya.

Capaian ini, kata Prof Saleh Pallu, tak lepas dari dukungan Founder Bosowa beserta seluruh jajarannya sehingga FK Unibos meraih akreditasi B.
"Ini suatu kesyukuran karena Founder Bosowa beserta seluruh jajarannya, Ketua Yayasan Ibu Melinda Aksa selalu mendukung semua program-program yang kita usulkan terutama terkait dengan akademik," ungkapnya.

Alumni Pascasarjana Bidang Teknik Sipil di Kyushu University Jepang tahun 1988 berharap  Unibos jauh lebih baik lagi. Apalagi saat ini, kata dia Unibos masuk dalam 100 ranking terbaik.

"Semoga kedepan Unibos dan Fakultas Kedokteran Unibos berjalan sesuai dengan harapan Founder Bosowa yaitu menjadi universitas yang unggul di republik ini karena sekarang Unibos sudah ranking 82 di seluruh Indonesia sudah masuk 100 ranking terbaik," terangnya.

"Kedepan Pak Aksa, ingin Unibos masuk dalam ranking 50 besar tapi saya sudah berhenti jadi rektor jadi rektor selanjutnya itu ditargetkan (Unibos) masuk rengking 50," sambung Prof Saleh.

Pria kelahiran Pinrang 10 September 1955 ini   pun mengaku sangat senang dan bahagia karena ia sebagai salah satu inisiator lahirnya Fakultas Kedokteran Unibos.

"Saya secara pribadi juga bahagia karena saya melahirkan Fakultas Kedokteran ini sebagai rektor dan alhamdulillah saya (nantinya akan) meninggalkan (FK Unibos) dengan mendapatkan akreditasi B," tuturnya.
"Itulah yang tidak bisa saya lupakan kenangan ini karena kenangan yang paling berharga saya adalah lahirnya Fakultas Kedokteran Unibos," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Ketua BPH Yayasan Aksa Mahmud, Asrul Hidayat, Sekretaris Yayasan Aksa Mahmud, Baharuddin Rahim, Rektor Unibos Prof Saleh Pallu, Dekan FK Unibos, dr. Marhaen Hardjo, Dekan FK Unhas, Prof Budu dan seluruh Dekan Unibos.
Hadir juga, PT Semen Bosowa Maros,  Persatuan Orang Tua Mahasiswa (POMD) dan Perwakilan Rumah Sakit Pendidikan serta Jejaring.

(Laporan : Darsil Yahya)