Cuaca Ekstrem, Wali Kota Makassar Perintahkan OPD Sigap Tangani Banjir

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto - (foto by Artur)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar -  Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memerintahkan semua jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), sigap dalam penanganan banjir selama cuaca eksrem melanda Makassar, Senin (13/2/2023).

"Kewaspadaan dan antisipasi harus tetap berjalan. Termasuk lurah dan camat turun ke lapangan. Pastikan semua drainase tidak tersumbat. Pastikan semua orang yang rumahnya terendam banjir termonitor. Saar hutuh evakuasi segera lapor ke BPBD," jelasnya kepada CELEBESMEDIA.ID, Senin (13/2/2023). 

Selain camat dan lurah, OPD juga telah disiagakan untuk menangani banjir yang mengepung Makassar.

"BPBD sudah siap dengan perahu karetnya. Termasuk pemadam kebakaran diperbantukan dan juga Dinas Sosial dengan dapur umum termodern, kita sudah perbantukan semua," lanjutnya.

Wali Kota Makassar juga telah mengeluarkan 7 imbauan terkait penanganan banjir. 

Selain camat dan lurah yabg diperintahkan turun untuk memastikan drainase, Dinas Pekerjaan Umum (PU) juga diminta menjaga kinerja drainase dengan menurunkan alat berat dan crane kalau harus mengangkat beton.

Dinas Sosial segera mempersiapkan semua hal yang sudah menjadi standar penanganan bencana banjir. 

Bagi OPD yang lain maupun Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD) melaksanakan tugas perbantuan kedaruratan seperti standar sebelumnya.

BPBD diminta mengaktifkan War Room dan segera mempersiapkan kegiatan evakuasi jika dibutuhkan.

Masyarakat diimbau untuk tidak berada di luar ruangan karena masih terjadi badaj petir. Hindari pohon tumbang dan tiang listrik. Para orang tua juag diminta untuk menjaga anak masing-masing.

Imbauan terakhir waspada dan tanggap serta selalu berdoa agar Makassar senantiasa dilindungi dari bencana dan marabahaya.