Nurdin Halid Dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan UNM

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Prof.Dr.(HC), Drs. H.A.M. Nurdin Halid dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan Bidang Ilmu Sosiologi Ekonomi Universitas Negeri Makassar di Ballroom Theater Menara Pinisi UNM, Senin (17/07/23)

Prosesi Pengukuhan Nurdin Halid sebagai Profesor Kehormatan dipimpin oleh Rektor Universitas Negeri Makassar Husain Syam.

Prosesi pengukuhan ini dihadiri keluarga besar Nurdin Halid dan tamu kehormatan, beberapa diantaranya yakni, Wakil Ketua DPR-RI sekaligus Sekjen Partai Golkar, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Lodewijk Freidrich Paulus, Mantan Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, dan Bupati Enrekang Muslimin Bando.

Nurdin Halid membawakan orasi ilmiah berjudul "Koperasi Menjadi Pilar Negara untuk Memperkokoh Karakter Bangsa dan Mewujudkan Kesejahteraan Sosial (Paradigma dan Pendekatan Baru Sosiologi Ekonomi dalam Kerangka Politik Ekonomi Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945)".

Dalam pidato pengukuhannya, Nurdin Halid  menekankan Vmvisi 2045 Koperasi Pilar Negara. Ia menilai bahwa koperasi dapat membangun karakter bangsa berbasis nilai-nilai koperasi yang berujung pada penguatan demokrasi dan persatuan dalam bingkai NKRI.

Selain itu, Nurdin Halid mengatakan bahwa koperasi sangat berperan nyata dalam ketahanan pangan.

"Koperasi mampu memenuhi kebutuhan pangan dan ekonomi masyarakat terpencil, daerah pesisir dan Pulau-pulau kecil tanpa merusak lingkungannya," ujarnya.

Pada penutupan pidatonya, Nurdin Halid menyampaikan akan membangun Lembaga Kajian Koperasi Pilar Negara di Universitas Negeri Makassar.

"Atas kecintaan saya terhadap Almamater ini, maka izinkan saya dari podium terhormat ini untuk menginisiasi pembentukan Lembaga Kajian Koperasi Pilar Negara di UNM" Tangkasnya.

Penyerahan surat pengukuhan sekaligus pengalungan tanda profesor kehormatan resmi diserahkan pada pukul 12.04 WITA oleh Rektor Universitas Negeri Makassar.

Laporan: Raudhatul Jannah

Tags : Nurdin Halid UNM