Dirjen Pendidikan Islam Apresiasi Torehan Prestasi UIN Alauddin Makassar

Dirjen Pendidikan Islam, Prof Muh Ali Ramdhani - (foto by Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Dirjen Pendidikan Islam, Prof Muh Ali Ramdhani mengapresiasi capaian prestasi yang ditorehkan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar selama di pimpin Prof Hamdan Juhannis.

Menurutnya, torehan prestasi yang diraih UIN Alauddin Makassar merupakan hal luar biasa.

"Capaian-capaian yang ditorehkan UIN Alauddin Makassar di tahun 2022 merupakan prestasi yang luar biasa. Saya tentu memberikan apresiasi atas semua torehan prestasi yang di raih," kata Prof Muh Ali kepada CELEBESMEDIA.ID, usai raker UIN Alauddin di Jl Sultan Alauddin Hotel & Convention, Selasa (21/2/2023).

Prof  Muh Ali berharap prestasi yang diperoleh UIN Alauddin Makassar pada tahun 2022 dapat dipertahankan di 2023.

"Atau di 2023 prestasi UIN Alauddin Makassae dapat ditingkatkan lebih baik lagi," ujarnya.

Selain itu, ia berharap perguruan tinggi tidak hanya menjadi kawasan untuk civitas akademiknya. Melainkan juga hadir menjadi bagian utuh di tengah masyarakat luas.

"Memang pada tri dharma perguruan tinggi ada pada tri dharma yang ke-3 yaitu pengabdian kepada masyarakat tetapi pada hari ini belum memperoleh perhatian yang kuat dan saya berharap kedepan dapat ditingkatkan," harapnya.

Lebih lanjut, Prof Muh Ali berharap kedepannya UIN Alauddin Makassar menjadi salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang berkomitmen dan berkontribusi dalam kegiatan internasionalisasi

"Jadi kita telah merancang double degree, insya Allah kalau tidak ada halangan tahun ini kita bisa merancang dengan berbagai perguruan tinggi ternama atau paling tidak ranking 500 dunia sebagai wujud untuk menunjukan kepada khalayak bahwa UIN atau PTKIN itu juga terekondisi di dunia internasional," tandasnya.

Double Degree atau Gelar Ganda adalah sebuah program perkuliahan yang memungkinkan seorang mahasiswa untuk meraih dua gelar akademis sekaligus atau gelar sarjana ganda dalam satu periode studi.

Dua gelar tersebut didapatkan dari kampus dalam negeri dan luar negeri yang sedang menjalin kerja sama. Terdapat beberapa penyebutan dengan makna serupa seperti Dual Degree, atau Twinning Degree.

 Sebelumnya diberitakan, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar rapat kerja pelaksanaan anggaran tahun 2023 dan penyusunan anggaran tahun 2024 di Sultan Alauddin Hotel & Convention, Selasa (21/2/2023).

Rapat kerja tahun ini mengusung tema " Sinergitas Program Kerja dalam Mewujudkan Kinerja yang Profesional, Efektif dan Akuntabel Berbasis Teknologi dan Data yang Terintegritas".

Laporan : Darsil Yahya