BMKG : Suhu Panas di Makassar Capai 36 Derajat Celcius

Prakirawan BMKG Makassar, Nur Asia - (foto by Ariani)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Memasuki minggu ketiga Oktober 2019, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar memprediksi suhu udara berkisaran 35 hingga 36 derajat celcuis.

Hal tersebut diungkapkan Prakirawan BMKG Makassar, Nur Asia Utami jika khusus di kota Makassar suhu udara mencapai 36 derajat celcius dan hal ini tercatat suhu panas tertinggi.

“Jika disebut suhu panas tertinggi, iya karena normalnya suhu udara panas adalah 33 derajat celcius dan cuaca ini akan berlangsung hingga november 2019,” katanya kepada CELEBSMEDIA.ID, Selasa (22/10/2019).

Suhu udara panas ini, lanjut Nur Asia disebabkan oleh pergeseran matahari dari Selatan ke Utara. Adapun untuk wilayah di Sulsel yang sudah memasuki hujan ringan dan sedang yakni Sulsel bagian Utara.

“Meliputi Toraja, Tana Masamba, Malili, Belopa dan Palopo yang beberapa hari ke depan berpotensi akan hujan ringan hingga sedang. Sedangkan Sulsel bagian Barat seperti Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Pare-pare hingga Gowa masih mengalami musim kemarau,” terangnya.

Untuk kondisi kecepatan angin di Sulsel, BMKG Makassar mencatat relatif normal dengan kecepatan 20 sampai 30 kilometer perjam.

“Sedangkan untuk gelombang laut saat ini mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter yang diprediksi masih normal. Namun, dihimbau agar nelayan yang menggunakan kapal kecil selalu waspada terhadap gelombang laut yang sewaktu-waktu bisa saja menerjang dengan ketinggan lebih dari 2,5 meter,” pungkasnya.