Gempa M5,9 di Afganistan Tewaskan 1.000 Orang

Gempa yang mengguncang Afghanistan timur pada Rabu telah menyebabkan lebih dari 1.000 orang tewas - (foto by ANTARA)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Sebanyak 1.000 orang tewas akibat gempa yang mengguncang Afganistan Timur, Rabu (22/6/2022). Gmpa bermagnitudo 5,9 itu mengguncang di 44 kilometer sebelah daya Khost. Gempa ini juga menyebakan 1.500 orang luka-luka.

 “Lebih dari 1.000 orang tewas dan 1.500 lainnya luka-luka akibat yang disusul tanah longsor di dua distrik, yaitu Gayan dan Barmal di Paktika,” kata ketua Direktorat Informasi dan Budaya Provinsi, Mohammad Amin Haddifa, kepada Xinhua seperti yang diberitakan ANTARA, Kamis (23/6/2022).

Dia menambahkan jumlah korban itu dapat meningkat. Sementara itu daerah terdekat, Provinsi Khost, sedikitnya 25 orang tewas dan 100 lainnya luka-luka setelah lebih dari 600 bangunan antara lain rumah, masjid dan toko hancur akibat gempa itu jelas sejumlah pejabat Provinsi Khost.

Pelaksana Tugas Perdana Menteri Afganistan Mullah Mohammad Hassan Akhud memerintahkan pencairan dana hibah sebesar 1 miliar afgani (10 afgani= Rp1.666) untuk membantu para korban yang terdampak bencana alam itu.

Ia juga langsung memimpin rapat kabinet darurat pada Rabu pagi waktu setempat, demikian cuitan Kantor Perdana Menteri Afganistan di Twitter.

 “Rapat itu memerintahkan semua lembaga terkait agar segera bergegas ke lokasi. Gunakan semua sumber daya yang tersedia untuk menyelamatkan nyawa warga yang terdampak dan menyediakan semua bantuan yang diperlukan,” kata Hassan.