Andi Muhammad Arham Basmin Mattayang - (foto by Bucek)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Sulawesi Selatan, Andi Muhammad Arham Basmin menjadi narasumber dalam talkshow Celebes Virtual Business Week 2021 di Function Room (FR) Menara Bosowa, Selasa (27/6/2021) pagi.

Arham Basmin menegaskan generasi muda harus terdepan untuk menyukseskan program vaksinasi pemerintah, dengan berinisiatif mendatangi tempat-tempat vaksin yang tersebar di 24 kabupaten kota di Sulawesi Selatan.

“Saya mengajak seluruh rekan-rekan generasi muda di Sulawesi Selatan di 24 kabupaten kota Ayo kita vaksin. Cari tempat-tempat vaksin Covid-19. Jangan cuma satu kali vaksin harus dua kali,” ajak Arham.

“Kita sukseskan program vaksinasi nasional untuk mengakhiri pandemi Covid-19 di Repbulik Indonesia ini. Karena kita generasi muda ini mayoritas dan kalau kemudian kita sudah di vaksin, saya kira insya Allah kita bisa mencapai target vaksinasi di Indonesia,” tambah putra Bupati Luwu tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Arham Basmin menjadi narasumber dalam talkshow CVBW 2021 bertajuk ‘Mengubah Frustasi Menjadi Prestasi di Masa Pandemi. Ia mengakui jika pandemi Covid-19 ini yang sudah berlangsung hampir 2 tahun ini berdampak pada banyak sektoral, bahkan beberapa program kerja KNPI sempat terhambat karena adanya pembatasan-pembatasan yang harus dilakukan pemerintah.

"Kami di KNPI Sulsel punya banyak pelatihan-pelatihan soft skill untuk pemuda tetapi belum optimal karena banyak pelatihan yang kami mau gagas terhambat oleh kebijakan pembatasan pemerintah. Banyak pelatihan yang agak sulit kalau lewat virtual," ungkap Arham.

Namun bukan berarti selama pandemi pemuda menjadi tidak produktif. Arham menjelaskan jika seorang pemuda harus terus mengasah kemampuan yang dimilikinya agar tidak menjadi frustasi di masa pandemi ini.

"Pemuda harus punya segitiga emas. Dia harus punya skill,trust dan networking. Jadi kalau salah satu saja tidak dimiliki oleh pemuda maka dia akan menjadi pemuda yang potensi untuk frustasi di masa pandemi," jelasnya.

Lebih jauh Arham memberikan motivasi bagi para pemuda untuk terus berkarya selama masa pandemi sebab hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk menjadi momentum menyusun rencana kedepannya.

"Padahal sebenarnya kebijakan pemerintah melakukan pembatasan ini kita dapat melakukan introspeksi. Seperti misalkan kita sebagai generasi muda membuat plan yang lebih matang . Karena prestasi itu tergantung kita," tutupnya.