HUT 76 Satpol PP, Wamendagri Berpesan Kawal Pemilu 2024

Wamendagri RI John Wempi Wetipo mengelilingi Lapangan Karebosi sebelum upacara gelar pasukan HUT Satpol PP dolaksanakan, Junat (3/3/2023 - (foto by Rusmawandi Rara)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ratusan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) perwakilan dari seluruh Indonesia mengikuti gelar pasukan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke-76 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-61 di Lapangan Karebosi kota Makassar, Jumat (3/3/2023).

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Republik Indonesia (RI) John Wempi Wetipo bertindak sebagai inspektur upacara.

Namun sebelum memulai upacara, wamendagri mengelilingi barisan dengan menggunakan mobil komando sebelum memulai upacara.

Dalam sambutannya Wamendagri John Wempi Wetipo berpesa  dua hal, pertama peran Satpol PP dan Satlinmas dalam penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Kesempatan ini mari dimanfaatkan mengkonsolidasikan penyelenggara ketentuannya dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat di daerah dalam rangka mengikuti agenda pemilu tahun 2024. Agar tercipta kondisi aman, tertib, demokratis dalam bingkai NKRI," sebutnya.

Menurut lulusan Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih ini, suksesnya Pemilu ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya, kesiapan  penyelenggaraan Pemilu, pemerintah pusat, pemerintah daerah dan kesiapan dari aparat keamanan dalam mengantisipasi macam potensi kerawanan Pemilu.

Ia menambahkan, adapun kerawanan harus diantisipasi bersama dalam hadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) antara lain, money politik, keamanan, netralitas aparatur negara, isu Sara dan hoaks.

"Diperlukan antisipasi dari semua pihak untuk antisipasi kerawanan yang dimaksud," ungkapnya.

Karenanya, ia meminta Gubernur agar mengkoordinasikan Bupati/Wali Kota di daerah masing-masing untuk memerintahkan jajaran Satpol PP dan Satlinmas meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat sebelum, pada saat dan setelah pemungutan suara pada Pemilu tahun 2024.

"Demi terciptanya ketertiban dan ketentraman masyarakat, sehingga proses demokrasi dan pemulihan ekonomi dapat berjalan beriringan," tutur mantan Bupati Jayawijaya ini.

Penekanan kedua disampaikan John Wempi Wetipo adalah peran Satpol PP dan Satlinmas dalam pertumbuhan ekonomi. 

"Hal ini sesuai amanat peraturan perundang-undangan,di mana peran Satpol PP dan Satlinmas dalam penyelenggaraan untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat untuk melakukan kegiatannya dengan aman, tentram, tertib dan diharapkan akan meningkatkan daya tarik berusaha bagi investor dan pengusaha lokal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah," katanya.

John Wempi Wetipo menyampaikan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko), tingkat inflasi di Indonesia pada tahun 2022 sebesar 5,51 persen. 

Lebih rendah dari perkiraan awal yaitu sebesar 6 persen. Tingkat inflasi ini lebih baik dibanding negara barat dan negara Uni Eropa. Sedangkan pertumbuhan ekonomi sepanjang 2022 cukup impresif mencapai 5,3 persen.

Tahun 2023 perekonomian Indonesia optimis cukup baik. Namun, tetap waspada karena proyeksi ekonomi global tajam. Dari 2,9 persen tahun 2022, menjadi 1,7 persen di tahun 2023.

"Hal ini suatu hal yang perlu kita syukuri bersama. Mari jaga momentum ini, karena dunia global saat ini sedang berada pada fase tidak baik-baik saja. Seluruh negara sedang menghadapi ancaman krisis ekonomi yang tentunya berdampak pada stabilitas kedaulatan suatu negara," ucapnya.

Olehnya itu, ia meminta kepala daerah, baik Gubernur, Bupati/Wali Kota untuk melibatkan Satpol PP dan Satlinmas dalam implementasi kebijakan investasi di daerah.

John Wempi Wetipo mengucapkan selamat HUT ke-73 Satpol-PP dan HUT ke-61 Satlinmas.

"Saya haturkan rasa bangga setinggi tingginya kepada Satpol-PP dan Satlinmas atas pengabdian mengemban tugas dan memberikan perlindungan dan pelayanan yang tulus mewujudkan rasa tertib, tentram dan aman kepada masyarakat," tutupnya.

Laporan : Rusmawandi Rara