Pasokan Minim, Harga Gula Naik Capai Rp18 Ribu per Kilogram

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Harga gula melonjak mencapai Rp18 ribu per kilogram di Pasar Terong, Kec.Bontoala, Kota Makassar, Selasa (12/12/23).

Kenaikan harga gula ini dipicu minimnya pasokan gula yang disediakan dari distributor. Pedagang terpaksa membeli stok gula dengan harga yang mahal.

Salah seorang pedagang sembako, Samsir mengungkapkan sudah lebih dari sebulan  ia harus membeli gula dengan harga mahal di distributor. 

"Adami sekitar sebulan lebih ini saya terpaksa harus keluarkan modal lebih untuk stok gula karena harga dari distributor juga naik ki karena minim stok," ungkapnya kepada CELEBESMEDIA.

"Sebelum naik harga sekarung itu biasa ku beli harganya Rp650 Ribu, tapi sekarang harganya Rp750-850 ribu perkarung jadi haruski juga naikkan harga jual dari normalnya Rp16 ribu jadi Rp18 ribu per kilo," sambungnya.

Normalnya, Samsir dapat menjual 50 kg gula dalam sehari, namun saat ini untuk menghabiskan 50 kg gula perlu waktu hingga satu minggu.

"Dulu itu bisa habis 50 kilo sehari kalau sekarang untung sekali mi kalau sampai seminggu itu habis juga 50 kilo karena kadang paling 30 kilo saja yang laku" Pungkasnya.

Tak hanya itu, akibat harga gula melonjak, pembeli pun akhirnya mengurangi jumlah pembelian gula.

"Pembeli juga sedikitmi na beli karena mahal to jadi kadang lebih na pilihki untuk beli yang kualitasnya agak di bawah tapi bisa ki dapat harganya yang agak murah," pungkasnya.

Laporan: Raudhatul Jannah