Update Gempa Cianjur : 40 Orang Masih Pencarian, 271 Korban Meninggal

Kerusakan bangunan akibat gempabumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Senin (21/11). (BPBD Kabupaten Cianjur)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Korban meninggal dunia gempa di Cianjur, Jawa Barat terus bertambah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengkonfirmasi jumlah korban meninggal akibat mencapai 271 Jiwa per tanggal Rabu (23/11/2022) malam.

Jumlah korban ini diperkirakan akan bertambah. BNPB juga mengumumkan masih ada 40 orang yang masih dalam pencarian.

“Per hari ini, 271 jenazah sudah teridentifikasi. Pencarian dan evakuasi gabungan dari tim SAR, BNPB, BPBD, TNI/POLRI dan relawan lebih dari 1.000 personil. Hasilnya menemukan empat orang, tiga meninggal dunia di Cugenang dan satu selamat. Masih ada korban hilang 40 orang,” Kepala BNPB Suharyanto dalam keterangan resmi Update Penanganan Gempabumi M 5,6 Cianjur Jawa Barat yang disiarkan di YouTube BNPB, Rabu malam.

"Dan ada satu orang selamat atas nama Aska, laki-laki umur 6 tahun,” ucapnya.

Suharyanto juga meminta agar masyarakat mendoakan agar pencarian korban hilang bisa segera ditemukan.

“Tetapi tim tanpa kenal lelah terus melanjutkan pencarian. Kami mohon dukungan dan doanya mudah-mudahan 40 orang yang belum ditemukan, bisa segera ditemukan,” lanjutnya.

Ia menjelaskan sudah ada 14 titik pengungsian bagi korban gempa Cianjur. Di tempat pengungsian disiapkan tempat nginap berupa tenda yang layak, dapur umum, sanitasi dan Mandi Cuci Kakus (MCK)

“Dan untuk yang masih tinggal tenda darurat di dekat rumahnya, mereka akan dibujuk dan diimbau untuk ke tempat- tempat pengungsian kalau tidak kami akan membatu menyiapkan tenda yang lebih baik,” kata Suharyanto.

Pendataan sementara, korban luka tercatat 2.043 orang dan mengungsi 61.908 orang, sedangkan kerugian materil sebanyak 56.320 rumah alami kerusakan dengan rincian rusak berat 22.241 unit rumah, rusak sedang 11.641 unit rumah dan rusak ringan 22.090 unit rumah.

Sebelumnya diberitakan gempa bumi dengan magnitudo 5,6 terjadi pada Senin (21/11/2022) pukul 13:21 WIB.