Imlek Ini Klenteng Xian Ma tak Gelar Barongsai

Klenteng Xian Ma - (foto by Darsil)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Berbagai persiapan dilakukan pengurus Vihara Istana Naga Sakti Klenteng Xian Ma yang terletak di Jalan Sulawesi, Kota Makassar, jelang perayaan Tahun Baru Imlek Kongzili 1 Februari 2022.

Salah satu persiapan yang dikakukan adalah ritual rupang dewa atau bersih-bersih patung dewa menjelang perayaan Imlek.

Meski demikian, Klenteng Xiang Ma tahun ini kembali tak menggelar pertunjukan Barongsai, karena masih masa pandemi Covid-19.

"Barongsai memang tradisi tapi kita (Klenteng Xiang Ma). Jam 5 sudah tutup, jadi mungkin tidak ada karena pertunjukan barongsai di Klenteng Xiang Ma biasanya diadakan malam hari, jadi sepertinya tahun ini kami kembali lagi tidak adakan pertunjukan barongsai," ucap Humas Klenteng Xiang Ma, Robbyanto kepada CELEBESMEDIA.ID, Rabu (26/1/2022).

Namun, kata Robbyanto, pihaknya kemungkinan akan menggelar pertunjukan barongsai, jika pemerintah mengizinkan perayaan Imlek hingga malam hari.

"Pasti kita senang sekali karena kita sudah 3 tahun tidak adakan pertunjukan Barongsai, tentu semua senang warga juga senang karena ada pesta rakyat lagi," ucapnya.

Selain itu, pada perayaan Imlek tahun ini, dia berharap masa pandemi segera berlalu agar masyarakat bisa kembali hidup normal.

"Semoga pandemi ini cepat berlalu karena berdampak ke perekonomian. Perekonomian itu luas sekali pengertiannya, apa-apa saja berhubungan dengan ekonomi. Kita bicara kesehatan ujung-ujungnya juga ekonomi tidak ada uang bagaimana bisa sehat," tutupnya.

Untuk diketahui, Klenteng Xiang Ma merupakan rumah ibadah bagi masyarakat yang beragama Konghucu dan Buddha di Kawasan Pecinan Makassar. Serta salah satu klenteng tertua di Kota Makassar.

Pada awal pendiriannya, bangunan klenteng ini berbahan dasar kayu dan bambu serta beratapkan daun nipah. Pada tahun 1860, Klenteng Xiang Ma direnovasi menjadi bangunan permanen.

Laporan: Darsil Yahya