Aksa Mahmud Serahkan Aset Kebun Pallangga ke Unibos

CELEBESMEDI.ID, Makassar - Founder Bosowa Group HM Aksa Mahmud menyerahan aset kebun Pallangga Gowa kepada Fakultas Pertanian Universitas Bosowa (Unibos).

Serah terima aset tersebut dilakukan di kebun Pendidikan Integrateed Farming System, Fakultas Pertanian Unibos di Jl Raya Poros Sapayya, Desa Bontoramba, Kecamatan Palangga, Kabupaten Gowa, Jumat (30/12/2022).

Kegiatan ini disaksikan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Dekan Fakultas Pertanian Unibos Andi Tenri Fitriyah, Civitas Fakultas Pertanian Unibos, Kapolsek Palangga Iptu Abd Aziz, Camat  dan Lurah se-Kecamatan Pallangga.

Nantinya,di area1 kebun Pallaga Gowa yang luasnya 23 hekatare akan dibangun Fakultas Pertanian Unibos yang dilengkapi dengan fasilitas laboratorium.

"Saya bilang sama Pak Rektor itu ada tanah Bosowa di Gowa, tanah itu silahkan bikin gedung fakultas pertanian," ucap Aksa Mahmud dalam sambutannya.

Setelah ada gedung Fakultas Pertanian Unibos didirikan, ia berharap Unibos jangan lagi melahirkan alumni yang hanya pandai berteori, namun mampu melahirkan alumni ahli dalam bidang praktek.

"Jadi mahasiswa lebih banyak berpraktek daripada berteori karena sekarang ini lebih baik praktek dulu baru teori. Kalau dulu kita berteori dulu baru praktek, sekarang kita balik berpraktek dulu baru berteori jadi apa yang kita buat itu yang kita tulis," ujarnya.

Selain itu, Aksa Mahmud mengaku memberikan fasilitas ini karena menilai mahasiswa fakultas pertanian adalah harapan generasi Sulsel dalam sektor pertanian kedepannya.

"Anak-anak (mahasiswa pertanian) kita adalah harapan generasi Sulsel dalam mengembangkan pertanian," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Gedung Fakultas Pertanian Unibos ini nantinya sama dengan kampus Institut Pertanian Bogor (IPB)  karena dilengkapi juga dengan laboratium.

"Nanti sama dengan IPB, ada penelitian tanah, penelitain hasil kebun, hama, semua lengkap nanti di sini. Kita lengkapi betul sehingga fakultas pertanian Unibos memliki fasiltas lengkap," ungkapnya.

Dirinya pun berharap setelah ada fasilitas ini semua mahasiwa fakultas pertanian Unibos yang telah jadi alumni langsung bekerja. 

"Jadi semua alumni fakultas pertanian Unibos  lahir sebagai alumni yang siap pakai, (bekerja)," tandasnya.

Setelah melakukan penyerahan aset kebun Palangga Gowa, Aksa Mahmud bersama Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Rektor Unibos, Prof Batara Surya, Dekan Fakultas Pertanian Unibos Andi Tenri Fitriyah serta Wapimred Tribun Timur, AS Kambie melakukan pelatakan batu pertama untuk pembangunan Gedung Fakultas Pertanian Unibos di Desa Bontoramba Kecamatan Pallangga.

Laporan : Darsil Yahya