Mahasiswa UMI Blokade Jalan Tolak Jokowi 3 Periode

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ratusan Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa UMI Bergerak melakukan unjuk rasa di Jalan Urip Sumoharjo, Jumat (8/4/2022) sore.

Mereka menolak wacana penundaan pemilu 2024 dan masa perpanjangan masa jabatan Jokowi 3 periode.

Dalam aksinya, mahasiswa almamater hijau itu memblokade jalan Urip Sumoharjo sambil membakar ban bekas serta menahan mobil truk untuk dijadikan panggung orasi.

Selain itu mereka juga membawa sejumlah petisi dan membentang spanduk bertuliskan "Waspada Orba Jilid II, Indonesia Dikangkangi Oligarki".

Akibatnya arus lalu lintas dari arah Jalan Gunung Bawakaraeng ke arah Perintis Kemerdekaan macet.

"Wacana 3 periode menandakan lemahnya konstitusi di masa pemerintahan Jokowi," ucap salah seorang mahasiswa dalam orasinya.

Sementara warga sekitar mengaku mendukung aksi para mahasiswa untuk menolak masa perpanjangan jabatan presiden Jokowi yakni 3 periode.

"Iya betul tawwa tidak boleh itu presiden 3 periode dari dulu tidak ada begitu (presiden menjabat 3 periode). Saya setuju kalau mahasiswa demo karena dia perjuangkan rakyat," ujar tukang bentor yang mangkal depan Unibos.

Tak hanya Mahasiswa UMI, dari pantauan di lokasi, Mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos) juga melakukan unjukrasa dengan tuntutan yang sama yaitu tolak wacana penundaan Pemilu 2024 dan tolak perpanjang masa jabatan 3 periode Jokowi.

Hingga berita ini dimuat mahasiswa masih berunjuk rasa.

Adapun tuntutan mahasiswa UMI yakni sebagai berikut:

1. Menolak Wacana Penundaan Pemilu dan Perpanjangan Periode Masa Jabatan Presiden

2. Sahkan RUU TPKS

3. Turunkan Harga BBM

4. Hentikan Perampasan Lahan

5. Hentikan Monopoli Minyak Goreng

6. Hentikan Represifitas Aparat

7. Tuntaskan Pelanggaran HAM Masa Lalu

8. Hentikan Kenaikan Pajak

Laporan : Darsil Yahya