DP3A Makassar akan Gelar Festival Hari Ibu, Ada Tes Kanker Serviks

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar akan menggelar Festival Hari Ibu di Hotel Claro, pada Selasa (12/12/2023). Kegiatan ini dihelat menyambut Hari Ibu yang selalu diperingati tanggal 22 Desember.

Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Achi Soleman mengungkapkan akan ada beragam kegiatan menarik dalam  "Festival Hari Ibu".

Diantaranya Kampanye SADARI dan tes IVA untuk mendeteksi kanker serviks atau kanker rahim. Ada juga lomba foto momen bersama Ibu, lomba video pencegahan stunting, launching inovasi PACAR MANIS (Perlindungan Anak Pasca Perceraian), talkshow terkait kesehatan reproduksi.

"Beberapa rangkaian acara yang akan diadakan besok itu ada Kampanye SADARI DAN TES IVA ini terkait bagaimana pencegahan Kanker Serviks dan Payudara, kemudian kita juga akan mengadakan Launching Inovasi Pacar Manis, inovasi ini berkaitan dengan perlindungan anak pasca perceraian, dan masih banyak lagi, "  Achi Soleman kepada CELEBESMEDIA.ID.

Menurut Achi akan hadir 500 tamu undangan yang akan hadir memeriahkan gelaran festival di Hotel Claro pada esok hari. Terdiri dari unsur DPRD, termasuk seluruh anggota dewan perempuan dari DPRD, Perwakilan Dharma Wanita Kota Makassar, Perwakilan organisasi wanita yang terdapat di kota Makassar, termasuk pula unsur-unsur warga yang juga turut di libatkan.

"Terkait tamu undangan yang hadir besok ini kan kami mengundang atas nama Pak walikota, jadi besok itu akan hadir anggota DPRD, Dharma Wanita, organisasi perempuan yang ada di kota Makassar, dan tentu saja para warga yang juga harus di libatkan," sambungnya.

Adapun tema yang diusung dalam kegiatan yang akan dilangsungkan pada esok hari ialah "Hidup Sehat Awal Suksesmu". 

Ia mengungkapkan tema ini memberikan makna bahwa tidak hanya kesehatan fisik yang semata-mata harus dijaga namun secara keseluruhan baik mental maupun fisik, karena sehat merupakan awal kesuksesan.

Laporan : Riski