Waspada Quishing, Rekening Bisa Terkuras Lewat Kode QR

Ilustrasi - (foto by Pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Modus penipuan online semakin canggih seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. Salah satunya yakni metode quishing">Quishing.

quishing">Quishing merupakan gabungan dari kode QR (quick response) dan phishing. Pelaku bakal memancing para korbannya agar memberikan informasi pribadi mereka.

Kode QR, kotak hitam-putih yang kini menjadi familiar bagi kita, dapat diterjemahkan oleh kamera HP atau perangkat lain.

Meskipun seringkali diarahkan ke URL situs web, kode QR juga dapat mengarahkan pengguna ke pesan teks, daftar aplikasi, alamat peta, dan banyak lagi.

Dikutip dari CNBC, pelaku memanfaatkan kemampuan itu untuk mengarahkan calon korbannya ke situs web palsu. Mereka akan membuat orang sulit mendeteksi situs yang akan dikunjungi sebelum membuka web.

Pelaku quishing akan mengelabui korbannya untuk mengunduh sesuatu yang berpotensi membahayakan keamanan akun atau perangkat mereka.

Setelahnya, para korban akan diminta memasukkan beberapa kredensial login yang kemudian diteruskan langsung ke peretas melalui situs palsu yang didesain sedemikian rupa agar terlihat asli.

Modus quishing semakin marak terjadi karena kode QR mudah dibuat tanpa keahlian khusus.

Untuk menghindari aksi penipuan tersebut, sebaiknya jangan percaya QR code yang terpasang di tempat umum atau yang diberikan oleh pihak yang tak dikenal.

Selain itu, selalu aktifkan autentikasi dua faktor untuk setiap akun dan pastikan untuk keluar dari perangkat yang tidak lagi digunakan.