Puncak Arus Mudik, Pemudik Jalur Laut di Makassar 31.798 Orang

Kepala Kesyahbandaran Utama Makassar, Brigjen Pol. Capt. Hermanta

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Puncak arus mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Penumpang Makassar diperkirakan terjadi pada Kamis hingga Jumat, 28-29 April 2022. 

Kepala  Kesyahbandaran Utama Makassar, Brigjen Pol. Capt. Hermanta menjelaskan saat ini jumlah pemudik yang datang maupun yang pergi meninggalkan Kota Makassar telah mencapai puluhan puluhan ribu orang.

“Puncaknya H-4 hari ini dan H-3 besok. Jadi total yang melakukan  mudik per hari ini (28/4/2022) yang meninggalkan Kota Makassar sebanyak 10.886 orang, yang datang ke Kota Makassar 10.361 orang sedangkan untuk penumpang lanjutan sebanyak 10.551 orang,” jelasnya kepada CELEBESMEDIA.ID, Kamis (28/4/2022). 

Sementara untuk daerah tujuan keberangkatan yang ramai pemudik ke wilayah timur Selayar misalnya Bau-bau dan daerah sekitarnya. 

Tiap pemudik, kata Hermanta diminta untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari memakai masker hingga pemeriksaan sertifikat vaksi dan hasil tes PCR bagi pemudik yang hanya menerima vaksin dosis satu.

Sedangkan untuk vaksin dosis pertama dan kedua cukup memperlihatkan hasil antigen negatif dan yang telah menggenapkan vaksinnya dengan dosis ketiga atau booster tidak perlu menyertakan hasil negatif baik antigen maupun PCR. 

“Tentunya kami semua tetap mengarahkan mereka tetap mematuhi aturan dari Satgas Covid-19 nasional,” tutupnya.

Laporan: Rusmawandi Rara