Legislator Sulsel Minta Seleksi Masuk Satpol PP Diperketat

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Legislator Sulsel, Rudy Pieter Goni prihatin terhadap dua oknum Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang ditangkap polisi karena tersadung kasus dugaan penyalahgunaan narkotika.

Rudi Pieter Goni secara tegas meminta agar seleksi penerimaan Satpol PP diperketat.

"Yang pertama kita sangat prihatin namanya juga Satpol PP, artinya polisinya pamong praja , saya pikir seleksi kedepan mesti diperketat termasuk tes narkoba, tes narkoba bukan cuman ambil urine, tapi juga sampai tes ke rambut sehingga kita tau rekam jejaknya bisa diketahui," ujarnya saat ditemui di gedung DPRD Sulsel, Sabtu (29/10/2022).

Anggota komisi A DPRD Sulsel tersebut mengungkapkan atas insiden tersebut menjadi pembelajaran bagi semua pihak terutama kepada satpol PP untuk memperbaiki kinerja dan seleksi penerimaannya.

"Yang pasti kita kecolongan. Satpol ini harusnya memberi contoh. Apalagi peranannya satpol PP luar biasa, adanya perda inisiatif DPRD telah menempatkan Satpol PP sebagai posisi yang luar biasa,"

Menurut RPG, panggilan akrab legislator ini, perlunya perhatian pemerintah dan DPRD sendiri terhadap hak dari pegawai yang ada di Satpol PP. Apakah sudah terpenuhi syarat, tugas dan tanggungjawab serta melakukan introspeksi dengan memperketat penerimaan seleksi nantinya.

"Tidak hanya seleksi namun juga pembinaan pada anggota satpol yang masuk, mungkin seleksinya bagus tapi masuk tergoda dengan lain, tidak berhenti di seleksi tapi juga dipengawasan ketika menjadi satpol PP tentunya," tutupnya RPG.

Laporan: Ardi Jaho