Anggota B120 Akan Dijadikan Petugas Damkar dan Jukir Lorong Wisata

Danny Pomanto - (foto by Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Walikota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto mengaku akan menjadikan anggota Batalyon 120 sebagai pemadam kebakaran lorong dan juru parkir (jukir) di lorong wisata Makassar. 

"Sekarang alumni yang sudah dibina (anggota Bataylon 120 yang sudah betul-betul sadar) kita lagi persiapkan untuk jadi pemadam kebakaran lorong dan untuk (tukang) parkir di lorong wisata," ucap Danny saat jumpa pers pemusnahan ratusan busur di Mapolrestabes Makassar, Selasa (13/9/2022).

Dia menyebut membutuhkan sekitar 300 hingga 400 orang anggota Batalyon 120 untuk jadi pemadam kebakaran lorong. Sementara 1 orang disiapkan sebagai tukang parkir di setiap lorong wisata.

"Untuk jadi pemadam kebakaran lorong, kita butuh 300-400 orang dan kita siapkan untuk (jadi tukang) parkir di lorong wisata. Ada 1.095 lorong wisata, 1 lorong saja sudah 1.000 orang bisa bekerja disitu," ungkapnya. 

Tak hanya itu, agar anggota Bataylon 120 bisa lebih berguna di tengah-tengah masyarakat, Danny mengungkapkan Forkopimda Makassar akan memfasilitasi mereka dengan berbagai jenis usaha melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) agar bisa mandiri. 

"Kita akan meminta CSR, para perbankan untuk kita bisa mengadakan misalnya alat las, alat cuci motor, alat cuci mobil, jadi inilah usaha kami bersama-sama Polrestabes Makassar yang didukung DPRD dan Kejari agar teman yang tadinya terlibat masalah menjadi berguna dan bisa menolong dirinya sendiri jadi kalau mau dibubarkan atau tidak kita mi nilai," ujarnya. 

Dari data yang diperoleh CELEBESMEDIA.ID, saat ini anggota Bataylon 120 Makassar berjumlah 2.000 orang yang terbagi dalam dua kelompok yakni anggota tetap 1.900 orang dan anggota binaan 200 orang. 

Laporan : Darsil Yahya