Mahasiswa Unhas Tewas saat Ikut Diksar Mapala

Ilustrasi pendaki - (foto by Pexels)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Virendy Marjefy Wehantouw (19) meninggal dunia.

Korban meregang nyawa saat mengikuti pendidikan dasar (Diksar) Mapala 09 di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Mahasiswa jurusan arsitektur angkatan 2021 ini diduga meninggal dunia pada Jumat (13/1/2022) malam, saat melintas di jalur Tompobulu Maros-Malino, Gowa.

Kabag Humas Unhas, Supratman S Athana yang dikonfirmasi CELEBESMEDIA.ID, membenarkan perihal kematian mahasiswa Fakultas Teknik tersebut.

"Iya betul Virendy Marjefy Wehantouw (19) meninggal dunia saat mengikuti pendidikan dasar (Diksar) Mapala 09," ucapnya, Sabtu (14/1) malam.

Terkait insiden ini, Suptraman mengatakan seluruh panitia Diksar akan dipanggil oleh Komisi Disiplin (Komdis) Fakultas Teknik Unhas untuk dimintai keterangan soal kronologi dan penyebab kematian korban.

"Hari Senin (16/1) pihak Komdis Fakultas Teknik akan melakukan investigasi terkait kejadian tersebut," tuturnya.

Sementara, Ketua Mapala O9 Unhas Ibrahim menuturkan korban pada Jumat (13/1) Pukul 18.23 Wita sempat tidak enak badan.

"Maghrib kemarin, korban tidak enak badan tapi tetap jalan. Sekitar jam 11 malam ia sudah tidak sadarkan diri," ucapnya.

Namun saat panitia Diksar mengevakuasi korban untuk turun dari gunung, nyawa mahasiwa kelahiran 4 Maret 2004 itu tak tertolong. Ia meninggal di perjalanan, kemudian dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Grestelina Makassar.

"Kami evakuasi dari atas gunung turun ke permukiman warga sekitar lima jam. Subuh baru tiba. Jadi pagi baru infokan keluarga, karena juga baru dapat jaringan," tutupnya.

Laporan : Darsil Yahya