Tahfiz Qur'an di Hertasning 2 Kali Terbakar, Tidak Ada Korban

Tahfiz Quran di Hertasning Makassar terbakar Kamis (18/5/2023) malam - Foto by Rusmawandi Rara

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kebakaran yang menghanguskan sekolah tahfiz Qur'an Jalan Hertasning, Kamis (18/5/2023) malam ternyata sudah yang kedua kalinya. 

Sebelumnya sekitar dua pekan lalu, Tahfiz Qur'an Markas Hijrah Indonesia juga terbakar. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar, Hasanuddin mengatakan sebelumnya bagian dapur yang terbakar. Tetapi malam ini justru rumah dan perabotan dari sekolah tahfiz tersebut hangus terbakar.

"Jadi ini sudah kejadian kedua dan dua minggu lalu itu dapurnya terbakar. Dugaan sementara arus penndek listrik. Sampai sekrang masih proses investigasi," jelas Hasanuddin kepada CELEBESMEDIA.ID, Kamis malam.

Kobaran api yang besar mengharuskan Dinas Pemadam Kebakaran menerjunkan 11 unit armada.

"Jadi di awal itu Damkar kerahkan 4 unit dari unit terdekat. Namun melihat kondisi, Damkar menambah 7 armada water suplay," lanjutnya. 

Sementara Kapolrestabes Makassar, Mokhamad Ngajib membenarkan jika bangunan tersebut sudah beberapa kali terbakar di bulan ini.

"Kemarin tanggal 17 Mei kita sudah lakukan olah TKP (kebakaran sebelumnya) dan sekarang kejadian lagi," kata Kapolrestabes Makassar.

Meski Damkar menduga kebakaran akibat arus pendek listrik, namun pihak kepolisian belum bisa memastikan penyebab kebakaran. 

"Kita belum bisa pastikan kita lihat besok olah TKP dulu. Kita lakukan penyelidikan dan pemeriksaan saksi saksi baru kita simpulkan penyebannya," jelasnya.

Dari data yang diperoleh, saat kebakaran jumlah penghuni sekolah ada 8 orang  santri dan seorang ustadz. Mereka berhasil dievakuasi sehingga tidak ada korban.

 "Tadi ada orang tapi sudah dievakuasi semuanya saat kebakaran. Alhmdulillah sudah selamat semuanya," tandasnya.

Laporan : Rusmawandi Rara